Implementation

05. Langkah mudah implementasi CATAPA Time Management

Dipublikasi 31-08-2019 (diperbarui 07-05-2021)

Implementasi dari modul Time Management (Manajemen Waktu) digunakan apabila perusahaan Anda menggunakan modul ini sebagai pelengkap/tambahan dari modul Basic (utama) CATAPA.


Kegunaan modul ini antara lain untuk mengelola jadwal kerja, lembur, perizinan, cuti, data kehadiran dan juga membantu Anda dalam perhitungan tunjangan yang nantinya angka dari tunjangan ini akan digunakan sebagai dasar perhitungan gaji bulanan karyawan di modul Basic (utama) CATAPA.


Jika Anda tertarik menggunakan modul ini, Anda dapat meminta kepada tim CATAPA untuk diaktifkan modul ini. Anda hanya tinggal mengikuti langkah/proses dibawah ini untuk pengimplementasian modul Time Management:


I. Setup

  1. Policy
  2. Workgroup - grup kerja ini dibuat untuk mengelompokkan setiap karyawan kedalam satu tim agar nantinya dapat lebih mudah pada saat menyusun jadwal kerja.
  3. Workgroup Master
  4. Organization Workgroup
  5. Employee Workgroup
  6. Employee without Workgroup
  7. Allowance - rumus/formula yang digunakan dalam perhitungan pendapatan/gaji yang berhubungan dengan data kehadiran misalnya seperti tambahan tunjangan lembur, potongan ketidakhadiran/terlambat, dan lain sebagainya.
  8. Shift Allowance
  9. Daily Allowance
  10. Overtime Allowance
  11. Overtime
  12. Overtime Formula
  13. Overtime Template
  14. Attendance
  15. Attendance Status - Anda dapat menambahkan status kehadiran karyawan dengan tipe: Present dan Absent. Sedangkan untuk tipe Collective Leave, Holiday Overtime, Leave dan Leave Early sudah merupakan default pengaturan CATAPA.
  16. Attendance Formula
  17. Shift
  18. Leave
  19. Leave Template - digunakan untuk mengenerate saldo cuti secara otomatis setiap awal tahun pemberian saldo cuti
  20. Leave Payout Formula
  21. Holiday


II. Mapping Roster

Pemetaan roster atau dengan kata lain jadwal berguna untuk membuat jadwal kerja dari perusahaan Anda. Anda dapat mengatur jadwal kerja karyawan Anda selama periode yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Bahkan dengan adanya grup kerja karyawan yang telah Anda atur pada setup > workgroup lebih memudahkan Anda dalam pembagian shift kerja karyawan.

  1. Workgroup Roster
  2. Employee Roster


III. Update Leave Balance & History

Anda perlu melakukan migrasi cuti ini agar sistem dapat menyamakan situasi/saldo cuti yang sekarang dimiliki oleh karyawan. Apabila perusahaan Anda belum memiliki saldo cuti yang berjalan, Anda hanya cukup melakukan setup > leave saja, maka nantinya sistem akan mengenerate saldo cuti sesuai template cuti yang Anda buat.

  1. Update Leave Balance


IV. Attendance Import

Absensi pada CATAPA bisa dilakukan dengan 3 sumber, seperti mesin absensi, absensi dari aplikasi CATAPA maupun penginputan dari template migrasi excel yang sudah disediakan oleh tim CATAPA:

  1.  Attendance Import
  2. Attendance Machine Data
  3. Time Tracking
  4. Attendance Data


V. Proses Time Management

Jika Anda melakukan/menjalankan proses ini, angka yang terhitung secara otomatis oleh sistem akan tertarik ke penggajian bulanan karyawan. Namun, pastikan lagi jika Anda sudah membuat item gaji dengan tipe kehadiran pada modul Basic (utama) CATAPA.

  1. Allowance
  2. Leave Payout
Sumber
  1. CATAPA

Masih memiliki pertanyaan?

CATAPA selalu siap menjawab pertanyaan Anda.

Kirim Pertanyaan
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.