Di Topik Ini

Allowance Time Management

Cara Memproses Tunjangan pada Manajemen Waktu (Allowance Process on Time Management)

Dipublikasi 29-03-2020 (diperbarui 30-04-2021)

Salah satu komponen penggajian pada Catapa apabila Anda menggunakan modul Time Management (modul Manajemen Waktu) ialah komponen gaji yang berhubungan dengan tunjangan kehadiran. 

Berikut adalah langkah pada sistem Catapa ketika Anda ingin menghitung allowance/tunjangan berdasarkan Attendance/Absensi:

1)     Pastikan pada modul Basic, Regular Salary Process/Proses Gaji Reguler dalam keadaan unprocessed (belum diproses).

2)     Pastikan juga untuk Attendance Entry (Entri Absensi) yang diinput sudah lengkap.

3)     Masuk ke halaman Process > Allowance > Allowance Process (Proses > Tunjangan > Proses Tunjangan). Maka nanti akan muncul halaman seperti dibawah ini:


a.

Capture01.JPG

Period (Periode) secara default akan mengikuti tanggal cutoff yang telah disetting pada modul Basic > Compensation & Benefit > Setup > Payroll > Paygroup Master (modul Basic > Kompensasi & Manfaat > Pengaturan > Penggajian > Master Kelompok Gaji).

Pastikan Anda telah mengatur tanggal cutoff untuk setiap daily salary component untuk setiap Paygroup (jika Anda memiliki lebih dari 1 tanggal pembayaran gaji, untuk konfigurasi mengenai Paygroup dapat dicek disini).


Capture02.JPG

i. Cutoff date of daily salary component for payroll process (Tanggal cutoff komponen gaji harian untuk proses gaji). Kita kondisikan apabila sekarang ini ialah proses penggajian Agustus 2020:

  • Jika Every end of month (dengan kondisi ii ialah current month), maka yang diambil adalah periode selama 1 bulan penuh. Contoh bulan Agustus: 1 - 31 Agustus.
  • Jika berupa tanggal tertentu, contoh: 15 (dengan kondisi ii ialah current month), maka yang diambil ialah 16 Juli - 15 Agustus.

ii. Cutoff date of daily salary component for payroll process based on (Tanggal cutoff komponen gaji harian untuk proses gaji berdasarkan). Kita kondisikan apabila sekarang ini ialah proses penggajian Agustus 2020:

  • Jika current month (dengan kondisi i ialah every end of month), maka perhitungan tunjangan harian dari 1 - 31 Agustus.
  • Jika previous month (dengan kondisi i ialah every end of month), maka perhitungan tunjangan harian dari 1 - 31 Juli.


b. Capture03.JPG

Process All Data (Proses Semua Data) jika Anda ingin langsung memproses tunjangan untuk semua karyawan, atau


c.

Capture04.JPG

Anda juga dapat memilih nama karyawan yang ingin Anda proses saja, lalu pilih Process Selected Data (Proses Data yang dipilih).


4)     Pilih menu Allowance Process Result (Hasil Proses Tunjangan) untuk melihat perhitungan yang dihasilkan. Anda juga dapat Export as Excel (Unduh Excel) laporan tersebut.

Capture05.JPG


Catatan: Jika terdapat perubahan periode cutoff untuk tunjangan harian, maka dapat terjadi 2 kemungkinan:

  1. Terdapat periode pada konfigurasi cutoff baru yang beririsan dengan konfigurasi cutoff sebelumnya.
  2. Contoh:
  3. Pada penggajian bulan Maret, periode cutoff adalah 16 Februari-15 Maret.
  4. Pada penggajian bulan April, tanggal cutoff diubah menjadi 1 Maret-30 Maret.
  5. Nilai nominal yang telah dibayarkan mengacu ke periode cutoff sebelumnya adalah pada periode 1-15 Maret.
  6. Pada saat dilakukan pemrosesan gaji untuk bulan April (mengacu ke cutoff baru yaitu 1 Maret-30 Maret).
  7. Perhitungan jumlah hari kerja untuk tanggal 1-15 Maret akan mengacu pada history cutoff sebelum dilakukan perubahan (16 Februari - 15 Maret) yang telah dibayarkan pada penggajian bulan Maret atau dengan kata lain tidak akan dibayarkan lagi di penggajian April.
  8. Perhitungan jumlah hari kerja untuk tanggal 16-30 Maret akan mengacu pada cutoff baru (1 Maret-30 Maret) yang akan dibayarkan pada penggajian bulan April.
  9. Selama tidak dilakukan undo proses payroll, nilai yang sudah dibayarkan pada tanggal 1-15 Maret tidak akan berubah nilainya dan tetap mengikuti aturan poin iv.
  10. Terdapat periode pada konfigurasi cutoff baru yang tidak termasuk ke dalam periode cutoff yang lama maupun yang baru.
  11. Contoh:
  12. Pada penggajian bulan Maret, periode cutoff adalah 16 Februari-15 Maret.
  13. Pada penggajian bulan April, tanggal cutoff diubah menjadi 1 April-30 April.
  14. Terdapat tanggal yang tidak termasuk ke cutoff manapun, yaitu pada periode Maret (16 Maret-30 Maret).
  15. Pada saat dilakukan pemrosesan gaji untuk bulan April (mengacu ke cutoff baru yaitu 1 April-30 April).
  16. Maka untuk tanggal yang tidak termasuk ke cutoff manapun, yaitu pada periode Maret (16 Maret-30 Maret) akan dijadikan satu perhitungan tunjangan hariannya, yaitu untuk tanggal 16 Maret hingga 30 April akan diproses dan dibayarkan di periode penggajian April.
Sumber
  1. CATAPA

Masih memiliki pertanyaan?

CATAPA selalu siap menjawab pertanyaan Anda.

Kirim Pertanyaan
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.