BPJS Ketenagakerjaan

Perubahan posisi tombol “Penyesuaian Premi BPJS” karyawan secara individual

Dipublikasi 03-06-2021 (diperbarui 03-06-2021)

Penyesuaian premi BPJS baik pada BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan disediakan pada HR untuk melakukan penyesuaian nilai yang dijadikan sebagai dasar perhitungan komponen BPJS. Nilainya dapat berupa editable (ditentukan sendiri oleh HR dengan memasukkan nilai yang diinginkan), berdasarkan gaji sebelumnya, atau berdasarkan gaji saat ini + gaji retroactive.


Sebelumnya, Anda dapat menemukan tombol “Penyesuaian Premi BPJS” karyawan secara individual dari halaman Kompensasi & Manfaat > Penggajian > Proses Gaji > Proses Gaji Reguler, dengan memilih salah 1 karyawan yang sudah melakukan proses penggajian terakhir kemudian klik edit, akan tampil halaman seperti pada gambar berikut ini.


before - adjust bpjs premium individual.PNG


Setelah perubahan, Anda dapat menemukan tombol “Penyesuaian Premi BPJS” karyawan secara individual melalui halaman Hasil Proses Gaji, dengan cara berikut ini:

1. Buka halaman Kompensasi & Manfaat > Penggajian > Proses Gaji > Hasil Proses Gaji, kemudian pilih apakah ingin melakukan penyesuain premi pada BPJS Ketenagakerjaan atau BPJS Kesehatan


2. Pilih salah 1 karyawan yang ingin Anda sesuaikan premi BPJS nya, misalnya Tika (nama karyawan diambil dari contoh gambar berikut), kemudian klik tombol Lihat Detail


after - adjust bpjs premium individual - step2.png


3. Jika periode bulan yang Anda pilih adalah periode terakhir gaji yang telah diproses dan belum melalui proses pembayaran gaji, maka akan Anda menemukan tombol “Penyesuaian Premi BPJS”


after - adjust bpjs premium individual - step3.png


Silahkan pelajari lebih lanjut untuk mengetahui cara menyesuaikan premi BPJS secara individual

Masih memiliki pertanyaan?

CATAPA selalu siap menjawab pertanyaan Anda.

Kirim Pertanyaan
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.