Pajak

Metode pajak apa saja yang difasilitasi CATAPA?

Dipublikasi 24-11-2017 (diperbarui 03-03-2024)

CATAPA mendukung tujuh metode untuk perhitungan PPh 21, yaitu:

  1. Gross: PPh 21 ditanggung oleh karyawan.
  2. Netto: PPh 21 dibayarkan oleh perusahaan.
  3. Gross up: PPh 21 ditanggung oleh perusahaan dalam bentuk tunjangan pajak
  4. Mix (Kombinasi Gross & Gross Up) - Gross didahulukan: PPh 21 sebagian ditanggung oleh perusahaan dalam bentuk tunjangan pajak dan sebagian ditanggung oleh karyawan dengan perhitungan gross didahulukan dari gross up.
  5. Mix (Kombinasi Gross & Netto) - Gross didahulukan: PPh 21 sebagian dibayarkan oleh perusahaan dan sebagian ditanggung oleh karyawan dengan perhitungan gross didahulukan dari netto.
  6. Mix (Kombinasi Gross & Netto) - Netto didahulukan: PPh 21 sebagian dibayarkan oleh perusahaan dan sebagian ditanggung oleh karyawan dengan perhitungan netto didahulukan dari gross.
  7. Mix (Kombinasi Gross & Gross Up) - Reguler didahulukan: PPh 21 sebagian ditanggung oleh perusahaan dalam bentuk tunjangan pajak dan sebagian ditanggung oleh karyawan dengan perhitungan penghasilan reguler didahulukan dari irreguler.


Di mana reguler mengacu pada gaji reguler (gaji pokok, tunjangan, premi asuransi, dan lain-lain), dan irreguler mengacu pada penghasilan tambahan (bonus, THR, dan lain-lain).


Pelajari lebih lanjut perbedaan metode pajak CATAPA disini.


Catatan Tambahan:

  1. Mulai masa pajak Januari 2024, perhitungan penghasilan reguler dan irreguler sudah tidak lagi terpisah, sehingga untuk metode Mix (Kombinasi Gross & Gross Up) - Reguler didahulukan sudah tidak lagi relevan dan cara perhitungannya akan mengacu pada metode Mix (Kombinasi Gross & Gross Up) - Gross didahulukan 
  2. Saat ini metode Mix (Kombinasi dari Gross & Gross Up) - Reguler didahulukan dan Mix (Kombinasi dari Gross & Netto) - Netto didahulukan hanya akan dibuka untuk perusahaan yang membutuhkan.


Silahkan hubungi Customer Support CATAPA jika perusahaan Anda ingin menggunakan salah satu dari kedua metode di atas.

Sumber
  1. CATAPA

Masih memiliki pertanyaan?

CATAPA selalu siap menjawab pertanyaan Anda.

Kirim Pertanyaan
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.