Pajak

Aturan Natura dan/atau Kenikmatan berdasarkan PP Nomor 55 Tahun 2022

Dipublikasi 03-01-2023

Pemerintah menerbitkan PP Nomor 55 Tahun 2022 tentang Penyesuaian Pengaturan di Bidang Pajak Penghasilan, dengan salah satu pokok bahasannya adalah mengatur tentang definisi natura/kenikmatan, pengecualian, serta ketentuan pemotongannya.


PP Nomor 55 Tahun 2022 ini diterbitkan sebagai aturan penjelas dari Undang-Undang Harmonisasi Peraturan Perpajakan. Pelajari lebih lanjut terkait UU HPP pada artikel ini.


Secara umum, natura/kenikmatan adalah objek pajak bagi penerima dan dapat dibebankan oleh pihak pemberi, sepanjang biaya tersebut merupakan biaya untuk mendapatkan, menagih, dan memelihara penghasilan.


Namun, mengacu pada pasal 24, ada 5 jenis natura/kenikmatan yang dikecualikan dari objek PPh tetapi tetap dapat dibiayakan oleh pemberi.


Newsletter 2.png


Kewajiban pemotongan PPh atas natura dan/atau kenikmatan mulai berlaku untuk penghasilan dalam bentuk natura dan/atau kenikmatan yang diterima atau diperoleh sejak tanggal 1 Januari 2023.


Natura dan/atau kenikmatan yang diterima pada tahun pajak 2022 dan belum dilakukan pemotongan PPh, maka PPh atas penghasilan tersebut wajib dihitung dan dibayar sendiri serta dilaporkan dalam SPT Tahunan Orang Pribadi Tahun Pajak 2022 oleh penerimanya.


CATAPA sudah dapat mendukung perhitungan pajak untuk penghasilan Natura dan/atau Kenikmatan.

Untuk menambahkan penghasilan Natura dan/atau Kenikmatan di CATAPA:

  1. Akses menu Compensation & Benefits (Kompensasi & Manfaat) > Setup (Pengaturan) > Payroll (Penggajian) > Salary Design (Desain Gaji)
  2. Tambahkan komponen gaji baru pada Salary Item Master (Master Komponen Gaji)
  3. Pastikan pada pengaturan Taxable (Kena Pajak) diisi dengan Yes (Ya)
  4. Pilih Tax item (Komponen Pajak): 06. Penerimaan dalam Bentuk Natura dan Kenikmatan Lainnya
  5. Tambahkan komponen gaji tersebut pada Salary Template (Template Gaji)


Newsletter 3.png

Sumber
  1. CATAPA

Masih memiliki pertanyaan?

CATAPA selalu siap menjawab pertanyaan Anda.

Kirim Pertanyaan
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.