Penggajian

Apa kegunaan menu Retroactive (Retroaktif)?

Dipublikasi 30-04-2019 (diperbarui 02-04-2022)

Retroactive (Retroaktif) adalah menu yang digunakan untuk melakukan proses penghitungan ulang gaji karyawan yang berlaku surut (Retroactive Process) terhadap beberapa kasus berikut ini :

  1. Terjadi kenaikan gaji semenjak 1 Januari 2022 namun persetujuan perubahan dari BOD/Manajemen (di luar sistem) baru terjadi pada bulan Mei 2022, sehingga perlu dilakukan proses perhitungan ulang gaji pada periode bulan Januari hingga April 2022
  2. Penambahan gaji pada periode bulan yang sudah diproses akan mengakibatkan perubahan nilai Take Home Pay (THP) ataupun non-THP sehingga perlu dilakukan penghitungan ulang
  3. Terdapat selisih penghitungan gaji di bulan-bulan sebelumnya sementara gaji sudah diproses, sehingga perlu dilakukan penghitungan ulang

 

Pre-condition Retroactive (Pre-kondisi Proses Retroaktif)

  1. Sudah melakukan Setup Retroactive (Pengaturan Retroaktif) dan memiliki komponen gaji dengan konfigurasi Retroactive (Retroaktif) Ya pada template gaji karyawan.
  2. Retroactive (Retroaktif) dapat dibayarkan berbeda dari tanggal pembayaran Regular Salary Process (Proses Gaji Reguler) pada bulan pemrosesan.
  3. Jika Anda ingin melakukan Retroactive (Retroaktif) juga terhadap perhitungan BPJS, pastikan Retroactive (Retroaktif) diproses sebelum Regular Salary Process (Proses Gaji Reguler).
  4. Contoh: ingin melakukan perhitungan retroaktif pada bulan Maret 2022, maka harus dipastikan Regular Salary Process (Proses Gaji Reguler) pada bulan Maret 2022 belum dilakukan saat memproses Retroactive (Retroaktif).
  5. Jika Regular Salary Process (Proses Gaji Reguler) pada bulan Maret 2022 sudah dilakukan, nilai Adjust BPJS Premium (Penyesuaian Premi BPJS) atas penghasilan Retroactive (Retroaktif) tidak dapat dilakukan dikarenakan perhitungan BPJS sudah dilakukan sebelumnya.
  6. Proses retroaktif karyawan tidak dapat dilakukan bila masih ada Salary Decree (Surat Keputusan Gaji) berstatus Waiting for Approval (Menunggu Persetujuan)

 

Pelajari lebih lanjut tentang Setup Retroactive (Pengaturan Retroaktif) dan Proses Retroactive Individu dan Massive (Massal) di CATAPA.


Pada tanggal 2 April 2022 CATAPA melakukan penyesuaian untuk Setup Retroactive (Pengaturan Retroaktif) dan Retroactive Process (Proses Retroaktif), pelajari lebih lanjut penyesuaiannya di sini.

Sumber
  1. CATAPA

Masih memiliki pertanyaan?

CATAPA selalu siap menjawab pertanyaan Anda.

Kirim Pertanyaan
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.