Pajak

Perhitungan Pajak Untuk Retroactive (Retroaktif)

Dipublikasi 19-08-2022 (diperbarui 11-07-2023)

Perhitungan pajak untuk retroactive (retroaktif) akan mengikuti tanggal pembayaran dari retroactive (retroaktif) tersebut.

Contoh:

  1. Karyawan berhak mendapatkan gaji atas retroaktif bulan Januari-Maret, kemudian dibayarkan pada tanggal 20 April 2022.
  2. Pajak atas retroactive (retroaktif) ini akan terhitung pada periode pajak April 2022.

 

Jika pajak atas retroaktif ingin digabungkan dengan pajak gaji reguler pada suatu bulan, maka:

  1. Buka menu Compensation & Benefits (Kompensasi & Manfaat) > Setup (Pengaturan) > Tax (Pajak) > Policy (Aturan)
  2. Cek isi dari aturan Regular salary process tax period generated based on (Periode pajak proses gaji reguler dihasilkan berdasarkan)
  3. Jika terisi dengan Payroll Period (Periode Penggajian), maka periode pajak gaji reguler akan mengikuti tanggal cutoff dari setiap paygroup (kelompok gaji).
  4. Contoh, suatu kelompok gaji memiliki tanggal cutoff 31. HR melakukan proses gaji reguler untuk periode Juli 2022 dengan tanggal pembayaran 4 Agustus 2022. Karena aturan ini, maka periode pajak gaji reguler adalah Juli 2022 (karena cutoff di tanggal 31 Juli 2022).
  5. Agar periode pajak retroaktif bisa sama dengan periode pajak gaji reguler, maka pastikan bahwa tanggal pembayaran retroaktif ada di dalam rentang cutoff penggajian bulan yang diinginkan.
  6. Untuk kasus diatas, maka tanggal pembayaran retroaktif seharusnya ada di antara 1 Juli 2022 - 31 Juli 2022.
  7. Jika terisi dengan Payment Date (Tanggal Pembayaran), maka periode pajak gaji reguler akan mengikuti tanggal pembayaran.
  8. Contoh, suatu kelompok gaji memiliki tanggal cutoff 31. HR melakukan proses gaji reguler untuk periode Juli 2022 dengan tanggal pembayaran 4 Agustus 2022. Karena aturan ini, maka periode pajak gaji reguler adalah Agustus 2022 (karena tanggal pembayaran di bulan Agustus 2022).
  9. Agar periode pajak retroaktif bisa sama dengan periode pajak gaji reguler, maka pastikan bahwa tanggal pembayaran retroaktif ada di dalam bulan yang sama dengan tanggal pembayaran gaji reguler.
  10. Untuk kasus diatas, maka tanggal pembayaran retroaktif seharusnya ada di antara 1 Agustus 2022 - 31 Agustus 2022.

 

Anda dapat mengetahui lebih detail terkait pajak retroaktif suatu karyawan dengan cara:

  1. Buka menu Compensation & Benefits (Kompensasi & Manfaat) > Payroll (Penggajian) > Report (Laporan) > Tax (Pajak) > Tax Report (Laporan Pajak).
  2. Pilih laporan Employee Tax Recapitulation (Rekapitulasi Pajak Karyawan).
  3. Pilih Period (Periode).
  4. Pilih Employee Tax Object (Objek Pajak Karyawan).
  5. Cari nama karyawan yang ingin diunduh.
  6. Klik tombol Download.
  7. Laporan yang terdownload adalah sebuah excel yang berisi detail pajak karyawan per bulan per proses penggajian. Detail dari pajak retroaktif dapat dilihat di laporan ini.

Masih memiliki pertanyaan?

CATAPA selalu siap menjawab pertanyaan Anda.

Kirim Pertanyaan
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.