Lembur

Perubahan YANG TIDAK BISA dilakukan pada Template Lembur (Overtime Template) ketika terdapat pengajuan lembur dengan status "Menunggu Persetujuan"

Dipublikasi 22-03-2022 (diperbarui 22-03-2022)

Sebelumnya di CATAPA, jika Anda ingin melakukan perubahan Template Lembur dan terdapat pengajuan lembur dengan status “Menunggu Persetujuan”/”Waiting for Approval” untuk template terkait, maka Anda akan menerima notifikasi “Tidak mengubah template lembur yang sudah digunakan” atau “Cannot update used overtime template”. Meskipun pengajuan lembur tersebut tidak terkait dengan item yang Anda ubah pada template, Anda tetap sama sekali tidak bisa mengubah template tersebut karena validasi yang dibuat cukup ketat.


Saat ini CATAPA telah melakukan penyesuaian pelonggaran ketentuan validasi perubahan template lembur untuk mempermudah Anda melakukan penyesuaian Template Lembur. Namun, tetap terdapat beberapa perubahan yang tidak bisa dilakukan seperti yang dijelaskan di bawah ini:

  1. Perubahan dengan menghapus checklist template lembur pada Jenis Hari Lembur atau Anggota yang TERKAIT dengan pengajuan lembur.
  2. Anda tidak dapat melakukan perubahan template lembur dengan menghapus checklist pada Hari Lembur dan Anggota jika terdapat pengajuan lembur yang  terkait. Sebagai contoh Anda memiliki setup Template Lembur STANDARD seperti gambar di bawah ini:
  3. Setup Template Lembur - 1:gambar bisa 1.JPG
  4. Setup Template Lembur - 2: gambar bisa 2.JPG
  5. Kemudian terdapat pengajuan lembur yang termapping dengan template “STANDARD” diatas ini dengan detail: 
  6. Hari Lembur: Hari Kerja
  7. Karyawan yang melakukan pengajuan memiliki detail data:
  8. Tipe Kepagawaian: Permanent
  9. Tingkat Jabatan: Staff
  10. Nama Jabatan: Product Manager
  11. Lokasi: Bekasi
  12. Organisasi: Engineering
  13. Kemudian Anda ingin melakukan perubahan Template Lembur (mengacu pada Template Lembur pada gambar diatas) dengan menghapus checklist yang terkait dengan karyawan yang mengajukan lembur sebagai berikut:
  14. Menghapus Checklist Tipe Kepegawaian: Permanent
  15. Menghapus Checklist Anggota - Organisasi: Engineering
  16. Menghapus Checklist Anggota - Lokasi: Bekasigambar tidak bisa 1.JPG
  17. Dikarenakan data-data tersebut berkaitan dengan pengajuan lembur yang sedang “Menunggu Persetujuan”, maka apabila Anda klik tombol “Simpan” dan proses perubahan gagal dan Anda akan menerima notifikasi gagal seperti gambar di bawah ini.gambar tidak bisa 2.JPG
  18. Terdapat perubahan data eksternal diluar template lembur dan pengajuan lembur (Jadwal Kerja, Tipe Hari Libur, Tanggal diberhentikan, Tanggal Mulai, Data Karyawan)
  19. Jika terdapat pengajuan lembur dengan status “Menunggu Persetujuan” untuk suatu Template Lembur tertentu dan kemudian terdapat perubahan eksternal, maka terdapat kemungkinan pengajuan lembur yang sedang “Menunggu Persetujuan” tersebut tidak valid (tidak memiliki template lembur atau termapping dengan template lembur lain). Lihat contoh pada gambar di bawah ini:
  20. Pengajuan Lembur tidak valid karena termapping Template Lembur lainPengajuan lembur tidak valid termapping.JPG
  21. Pengajuan lembur tidak valid karena tidak memiliki Template Lemburpengajuan lembur tidak valid tdk ada template.JPG
  22. Pada kondisi ini, Anda tidak bisa melakukan perubahan template lembur dengan menghapus checklist “Hari Lembur” dan “Anggota” apabila terdapat pengajuan lembur tidak valid yang terkait pada template lembur tersebut . Namun, Anda tetap bisa mengubah item Nama, Tipe Pembayaran (Tetap per hari, Tetap sesuai bobot, Formula), deskripsi, dan menambah checklist pada Jenis Hari Lembur atau Anggota (Lihat ketentuan yang diperbolehkan untuk mengubah Template Lembur)
  23. Berikut masing-masing jenis dan penjelasan perubahan eksternal yang ada:
  24. Perubahan Jadwal Kerja 
  25. Apabila terdapat pengajuan lembur dengan status “Menunggu Persetujuan” untuk suatu template lembur dan kemudian dilakukan perubahan pada Jadwal Kerja karyawan yang terkait dengan pengajuan lembur. Hal ini akan menyebabkan perubahan menjadi jenis Hari Lembur Baru yang apabila jenis Hari Lembur Baru ini tidak dicentang di template lembur sebelumnya, maka pengajuan lembur menjadi tidak valid.
  26. Sebagai contoh Anda memiliki setup Template Lembur STANDARD seperti gambar di bawah ini:gambar bisa 1.JPGgambar bisa 2.JPG
  27. Kemudian terdapat pengajuan lembur yang termapping dengan template “STANDARD” diatas ini dengan detail: 
  28. Hari Lembur: Hari Kerja
  29. Karyawan yang melakukan pengajuan memiliki detail data:
  30. Tipe Kepagawaian: Permanent
  31. Tingkat Jabatan: Staff
  32. Nama Jabatan: Product Manager
  33. Lokasi: Bekasi
  34. Organisasi: Engineering
  35. Kemudian Anda menghapus Jadwal Kerja pada hari tersebut (pada halaman roster karyawan) dan kemudian Hari Lembur berubah dari sebelumnya “Hari Kerja” menjadi “Libur Keagamaan”. Jika mengacu pada contoh Template Lembur diatas, “Hari Libur Keagamaan” tidak dicentang sehingga pengajuan lembur untuk template STANDARD menjadi tidak valid karena pengajuan lembur sudah berubah menjadi tidak memiliki template lembur atau termapping dengan template lain (selain “STANDARD”). 
  36. Pada kondisi ini, jika Anda melakukan perubahan template lembur dengan menghapus checklist apapun pada “Hari Lembur” atau “Anggota”, maka proses akan gagal dan Anda menerima notifikasi seperti gambar di bawah ini:gambar tidak bisa 2.JPG
  37. Perubahan Master Hari Libur
  38. Apabila terdapat pengajuan lembur dengan status “Menunggu Persetujuan” untuk suatu template lembur dan kemudian terjadi perubahan Master Hari Libur (Manajemen Waktu > Pengaturan > Hari Libur). Hal ini akan menyebabkan perubahan menjadi jenis Hari Lembur Baru yang apabila jenis Hari Lembur Baru ini tidak dicentang di template lembur sebelumnya, maka pengajuan lembur menjadi tidak valid.
  39. Sebagai contoh Anda memiliki setup Template Lembur STANDARD seperti gambar di bawah ini:gambar bisa 1.JPGgambar bisa 2.JPG
  40. Kemudian terdapat pengajuan lembur yang termapping dengan template “STANDARD” diatas ini dengan detail: 
  41. Hari Lembur: Hari Libur Nasional (Nama Hari Libur: Libur Kemerdekaan dengan tipe “Nasional)
  42. Karyawan yang melakukan pengajuan memiliki detail data:
  43. Tipe Kepagawaian: Permanent
  44. Tingkat Jabatan: Staff
  45. Nama Jabatan: Product Manager
  46. Lokasi: Bekasi
  47. Organisasi: Engineering
  48. Kemudian Anda mengganti tipe hari untuk “Libur Kemerdekaan” dari “Nasional” menjadi “Cuti Bersama” atau Anda menghapus Hari Libur tersebut sehingga pada tanggal tersebut menjadi “Bukan Hari Kerja”. Jika mengacu pada contoh Template Lembur STANDARD diatas, “Cuti Bersama” atau “Bukan Hari Kerja” tidak dicentang sehingga pengajuan lembur untuk template STANDARD menjadi tidak valid karena pengajuan lembur sudah berubah menjadi tidak memiliki template lembur atau termapping dengan template lain (selain “STANDARD”).
  49. Pada kondisi ini, jika Anda melakukan perubahan template lembur STANDARD dengan menghapus checklist apapun pada “Hari Lembur” atau “Anggota”, maka proses akan gagal dan Anda menerima notifikasi seperti pada gambar di bawah ini:gambar tidak bisa 2.JPG
  50. Tanggal diberhentikan
  51. Apabila terdapat pengajuan lembur dengan status “Menunggu Persetujuan”/”Waiting for Approval”, kemudian karyawan yang mengajukan lembur tersebut diberhentikan sebelum tanggal pengajuan lembur tersebut, maka pengajuan lembur tersebut menjadi tidak valid.
  52. Sebagai contoh Anda memiliki setup Template Lembur STANDARD seperti gambar di bawah ini:gambar bisa 1.JPGgambar bisa 2.JPG
  53. Kemudian terdapat pengajuan lembur yang termapping dengan template “STANDARD” diatas ini dengan detail: 
  54. Tanggal Lembur yang diajukan: 22 Maret 2022
  55. Kemudian karyawan tersebut diberhentikan pada tanggal 20 Maret 2022 sehingga pengajuan lembur untuk template STANDARD menjadi tidak valid karena pengajuan lembur sudah berubah menjadi tidak memiliki template lembur.
  56. Pada kondisi ini, jika Anda melakukan perubahan template lembur dengan menghapus checklist apapun pada “Hari Lembur” atau “Anggota”, maka proses akan gagal dan Anda menerima notifikasi seperti gambar di bawah ini:gambar tidak bisa 2.JPG
  57. Tanggal Mulai 
  58. Apabila terdapat pengajuan lembur dengan status “Menunggu Persetujuan”/”Waiting for Approval”, namun Waktu Mulai Bekerja karyawan yang mengajukan lembur tersebut dipindahkan setelah tanggal lembur yang diajukan, maka pengajuan lembur tersebut menjadi tidak valid.
  59. Sebagai contoh Anda memiliki setup Template Lembur STANDARD seperti gambar di bawah ini:gambar bisa 1.JPGgambar bisa 2.JPG
  60. aa
  61. Kemudian terdapat pengajuan lembur yang termapping dengan template “STANDARD” diatas ini dengan detail: 
  62. Tanggal Lembur yang diajukan: 22 Maret 2022
  63. Kemudian Waktu Mulai Bekerja karyawan yang mengajukan lembur tersebut dipindahkan ke tanggal 25 Maret 2022 sehingga pengajuan lembur untuk template STANDARD menjadi tidak valid karena pengajuan lembur sudah berubah menjadi tidak memiliki template lembur.
  64. Pada kondisi ini, jika Anda melakukan perubahan template lembur dengan menghapus checklist apapun pada “Hari Lembur” atau “Anggota”, maka proses akan gagal dan Anda menerima notifikasi seperti gambar di bawah ini:gambar tidak bisa 2.JPG
  65. Data Karyawan
  66. Apabila terdapat pengajuan lembur dengan status “Menunggu Persetujuan” untuk suatu template lembur dan kemudian terjadi perubahan Data Karyawan (Tipe Kepegawaian, Tingkat Jabatan, Nama Jabatan, Lokasi, Organisasi) pada menu Basic (Basic > Karyawan > Pilih Salah Satu Karyawan > Ubah Data). Apabila perubahan Data Karyawan Baru ini tidak dicentang pada Anggota di template lembur sebelumnya, maka pengajuan lembur menjadi tidak valid.
  67. Sebagai contoh Anda memiliki setup Template Lembur STANDARD seperti gambar di bawah ini:gambar bisa 1.JPGgambar bisa 2.JPG
  68. Kemudian terdapat pengajuan lembur yang termapping dengan template “STANDARD” diatas ini dengan detail: 
  69. Hari Lembur: Workday
  70. Karyawan yang melakukan pengajuan memiliki detail data:
  71. Tipe Kepagawaian: Permanent
  72. Tingkat Jabatan: Staff
  73. Nama Jabatan: Product Manager
  74. Lokasi: Bekasi
  75. Organisasi: Engineering
  76. Kemudian Anda mengganti Data Karyawan yang terkait dengan pengajuan lembur tersebut:
  77. Nama Jabatan: Product Manager Staff
  78. Lokasi: Yogyakarta 
  79. Jika mengacu pada contoh Template Lembur STANDARD diatas untuk nama jabatan “Product Manager Staff dan Lokasi “Yogyakarta” tidak dicentang sehingga pengajuan lembur untuk template STANDARD sebelumnya menjadi tidak valid karena pengajuan lembur sudah berubah menjadi tidak memiliki template lembur atau termapping dengan template lain (selain “STANDARD”).
  80. Pada kondisi ini, jika Anda melakukan perubahan template lembur STANDARD dengan menghapus checklist apapun pada “Hari Lembur” atau “Anggota”, maka proses akan gagal dan Anda menerima notifikasi seperti gambar di bawah ini:gambar tidak bisa 2.JPG


Sumber
  1. CATAPA

Masih memiliki pertanyaan?

CATAPA selalu siap menjawab pertanyaan Anda.

Kirim Pertanyaan
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.