Penggajian

Dampak Aturan Cut-off Harian pada Proses Allowance (Tunjangan) Modul Time Management

Dipublikasi 06-07-2020 (diperbarui 08-02-2022)

Terdapat beberapa aturan daily cut-off (cut-off harian) yang berpengaruh terhadap proses Allowance (Tunjangan) di modul Time Management (Manajemen Waktu) CATAPA:

  1. Cutoff date of daily salary component for payroll process (Tanggal cutoff komponen gaji harian untuk proses gaji)
  2. Jika tanggal cutoff komponen gaji harian adalah 18, artinya periode untuk perhitungan komponen- komponen gaji harian ke dalam gaji bulanan adalah tanggal 19 bulan lalu sampai dengan tanggal 18 bulan ini
  3. Contoh: 
  4. Jika pada perusahaan Anda, data absensi akan diproses hingga akhir bulan, maka pada menu ini diisi “End of month”. Saat penggajian bulan Juni, maka data absensi yang akan diproses adalah data tanggal 1 Juni hingga 30 Juni.
  5. Jika pada perusahaan Anda, data absensi di atas tanggal 15 akan diproses pada penggajian bulan depan, maka pada menu ini diisi tanggal 15. Saat penggajian bulan Juni, maka data absensi yang akan diproses adalah data tanggal 16 Mei hingga 15 Juni 2020.
  6. Cutoff date of daily salary component for payroll process based on (Tanggal cutoff komponen gaji harian untuk proses gaji berdasarkan)
  7. Jika Current Month (Bulan Ini) dipilih dan misalnya tanggal cutoff komponen gaji harian adalah 18, artinya periode untuk perhitungan komponen-komponen gaji harian ke dalam gaji bulanan adalah tanggal 19 bulan lalu sampai dengan tanggal 18 bulan ini
  8. Jika Previous Month (Bulan Lalu) dipilih dan misalnya tanggal cutoff komponen gaji harian adalah 18, artinya periode untuk perhitungan komponen-komponen gaji harian ke dalam gaji bulanan adalah tanggal 19 pada dua bulan yang lalu sampai dengan tanggal 18 bulan lalu
  9. Contoh: 
  10. Jika pada perusahaan Anda, data absensi pada bulan Juni (tanggal 19 Mei - 18 Juni) akan menambah atau memotong gaji pada bulan Juli, maka tanggal cutoff komponen gaji diisi berdasarkan bulan sebelumnya (Previous Month).
  11. Jika pada perusahaan Anda, data absensi pada bulan Juni (tanggal 19 Mei - 18 Juni) akan menambah atau memotong gaji pada bulan Juni, maka tanggal cutoff komponen gaji diisi berdasarkan bulan ini (Current Month).
  12. Divisor for proportional calculation (Pembagi untuk perhitungan proporsional)
  13. Terdapat dua pilihan: Number of days in cutoff period (Jumlah hari pada periode cutoff) dan Number of working days in cutoff period (Jumlah hari kerja pada periode cutoff).
  14. Calculation period limit for unpaid daily salary component (Batas periode perhitungan untuk komponen gaji harian yang belum dibayarkan)
  15. Batas periode perhitungan untuk komponen gaji harian yang belum dibayarkan. Terdapat dua pilihan, Yes (Ya) dan No Limit (Tidak dibatasi)

 

Pelajari lebih lanjut terkait Pengaturan Cutoff Penggajian Berdasarkan Paygroup (Kelompok Gaji) pada halaman ini.

 

Pada menu Time Management (Manajemen Waktu) > Calculation (Perhitungan) > Allowance (Tunjangan) > Allowance Calculation (Perhitungan Tunjangan) Anda dapat melihat bahwa perhitungan tunjangan akan dikelompokkan berdasarkan Paygroup (Kelompok Gaji). Pada halaman ini juga dapat dilihat Daily Cutoff Period (Periode Cutoff Harian) untuk setiap kelompok gaji.


Screenshot (99).png


Periode cutoff harian akan menentukan:

  1. Data karyawan yang akan diproses
  2. Referensi perhitungan jumlah hari kerja, hari libur, dan non-hari kerja karyawan berdasarkan roster (jadwal) karyawan.
  3. Perhitungan hari kerja, bukan hari kerja, dan hari libur tersebut akan digunakan untuk formula perhitungan tunjangan atau potongan di modul Time Management (Manajemen Waktu).

 

Contoh

Jadwal kerja karyawan pada bulan april dan mei adalah seperti tampilan kalender berikut:

2.png


  1. Karyawan bekerja setiap hari Senin hingga Jumat.
  2. Karyawan tidak bekerja pada hari Sabtu dan Minggu
  3. Karyawan libur pada tanggal merah (libur nasional)
  4. Jika periode cutoff karyawan adalah 16 April - 15 Mei, maka terdapat:
  5. 17 hari kerja
  6. 9 bukan hari kerja
  7. 4 hari libur
  8. Jika periode cutoff karyawan adalah 1 Mei - 31 Mei, maka terdapat:
  9. 18 hari kerja
  10. 10 bukan hari kerja
  11. 3 hari libur

 

Jika terdapat perubahan periode cutoff untuk tunjangan harian, maka dapat terjadi 2 kemungkinan:

  1. Terdapat periode pada konfigurasi cutoff baru yang beririsan dengan konfigurasi cut-off sebelumnya. Contoh:
  2. Pada penggajian bulan Maret, periode cutoff adalah 16 Februari hingga 15 Maret.
  3. Pada penggajian bulan April, tanggal cutoff diubah menjadi 1 Maret hingga 30 Maret
  4. Nilai yang telah dibayarkan mengacu ke periode cutoff sebelumnya adalah pada periode 1-15 Maret
  5. Terdapat periode pada konfigurasi cutoff baru yang tidak termasuk ke dalam periode cutoff yang lama maupun yang baru. Contoh:
  6. Pada penggajian bulan Maret, periode cutoff adalah 16 Februari hingga 15 Maret.
  7. Pada penggajian bulan April, tanggal cutoff diubah menjadi 1 April hingga 30 April
  8. Terdapat tanggal yang tidak termasuk ke cutoff manapun, yaitu pada periode Maret (16 Maret - 30 Maret)

 

Kedua kasus ini dapat diselesaikan melalui Transition Period Allowance Calculation (Perhitungan Tunjangan Periode Transisi). Pelajari lebih lanjut terkait proses penggajian transisi pada halaman ini.

Sumber
  1. CATAPA

Masih memiliki pertanyaan?

CATAPA selalu siap menjawab pertanyaan Anda.

Kirim Pertanyaan
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.