Pengaturan Kompensasi & Manfaat

Pengaturan Cutoff Penggajian Berdasarkan Paygroup (Kelompok Gaji)

Dipublikasi 21-09-2020 (diperbarui 01-03-2024)

Dengan adanya fitur Paygroup (Kelompok Gaji), tanggal cutoff penggajian dapat diatur per masing-masing kelompok gaji yang dimiliki perusahaan.

 

Berikut adalah langkah-langkah jika Anda ingin menambah paygroup (kelompok gaji) baru dan mengatur cutoff nya:

  1. Buka menu Compensation & Benefits (Kompensasi & Manfaat) > Setup (Pengaturan) > Payroll (Penggajian) > Paygroup Master (Master Kelompok Gaji) 
  2. Klik Add new paygroup (Tambah kelompok gaji baru).

 

cutoffpaygroup1.png

Kemudian Anda harus mengisi detail policy (detail aturan) sebagai berikut:

  1. Paygroup Code (Kode Paygroup): diisi dengan kode paygroup
  2. Paygroup Name (Nama Paygroup): diisi dengan nama paygroup
  3. Cutoff type (Tipe Cutoff): terdapat dua tipe cutoff, yaitu monthly (dibayarkan per bulan) dan weekly (dibayarkan per minggu). Setiap tipe cutoff akan memiliki beberapa pengaturan turunan.
  4. Cutoff type (Tipe Cutoff): Monthly (Bulanan)
  5. Cutoff date for monthly salary (Tanggal cutoff untuk gaji bulanan)
  6. Tanggal cutoff adalah batasan tanggal untuk menghitung gaji. Misalnya, jika tanggal cutoff adalah 20, artinya periode untuk perhitungan gaji bulanan adalah tanggal 21 bulan lalu sampai dengan tanggal 20 bulan ini
  7. Cutoff date of daily salary component for payroll process (Tanggal cutoff komponen gaji harian untuk proses gaji)
  8. Jika tanggal cutoff komponen gaji harian adalah 18, artinya periode untuk perhitungan komponen- komponen gaji harian ke dalam gaji bulanan adalah tanggal 19 bulan lalu sampai dengan tanggal 18 bulan ini
  9. Cutoff date of daily salary component for payroll process based on (Tanggal cutoff komponen gaji harian untuk proses gaji berdasarkan)
  10. Jika Current Month (Bulan Ini) dipilih dan misalnya tanggal cutoff komponen gaji harian adalah 18, artinya periode untuk perhitungan komponen-komponen gaji harian ke dalam gaji bulanan adalah tanggal 19 bulan lalu sampai dengan tanggal 18 bulan ini
  11. Jika Previous Month (Bulan Lalu) dipilih dan misalnya tanggal cutoff komponen gaji harian adalah 18, artinya periode untuk perhitungan komponen-komponen gaji harian ke dalam gaji bulanan adalah tanggal 19 pada dua bulan yang lalu sampai dengan tanggal 18 bulan lalu
  12. Divisor for proportional calculation (Pembagi untuk perhitungan proporsional)
  13. Terdapat empat pilihan. Pelajari lebih lanjut terkait perhitungan proporsional di CATAPA:
  14. Based on calendar day (berdasarkan hari kalender)
  15. Based on working day (berdasarkan hari kerja)
  16. Calendar day per fixed number (hari kalender per angka tetap)
  17. Working day per fixed number (hari kerja per angka tetap)
  18. [Penting] Jika angka tetap lebih besar dari hari kerja atau hari kalender pada bulan tersebut, karyawan yang masuk dari awal periode tidak akan mendapatkan gaji penuh. Contoh:
  19. Angka tetap: 30
  20. Hari kalender: 29 (bulan Februari)
  21. Gaji yang didapatkan: 29/30 * Gaji Pokok. Sehingga tidak akan mendapatkan gaji penuh.
  22. Langkah yang dapat dilakukan jika Anda mengalami hal ini adalah:
  23. Dengan aturan angka tetap Anda saat ini, lakukan proses gaji reguler hanya untuk karyawan baru yang masuk ditengah periode, karena karyawan baru ini memang seharusnya mendapatkan prorata
  24. Ubah aturan pembagi untuk perhitungan proporsional menjadi hari kalender / hari kerja sesuai kebutuhan Anda
  25. Proses sisa karyawan (karyawan lama dan karyawan baru yang masuk dari awal periode), supaya karyawan ini mendapatkan gaji penuh
  26. Ubah kembali aturan pembagi untuk perhitungan proporsional ke aturan angka tetap semula
  27. Working Days (Hari Kerja)
  28. Atur hari kerja yang jadi acuan untuk menghitung prorata penggajian di perusahaan Anda.
  29. Silakan centang hari kerja yang tersedia dari Senin - Minggu
  30. Include holidays on working day (Termasuk hari libur pada hari kerja) 
  31. Hanya akan muncul jika menggunakan Number of working days / working days per fixed number in cutoff period (Jumlah hari kerja / hari kerja per angka tetap pada periode cutoff) untuk perhitungan proporsional. Pelajari lebih lanjut terkait perhitungan proporsional di CATAPA.
  32. Calculation period limit for unpaid daily salary component (Batas periode perhitungan untuk komponen gaji harian yang belum dibayarkan)
  33. Batas periode perhitungan untuk komponen gaji harian yang belum dibayarkan. Terdapat dua pilihan, Yes (Ya) dan No Limit (Tidak dibatasi)
  34. New employee(s) will receive salary payment (Karyawan baru akan menerima gaji pada)
  35. In the same cutoff period (Periode cutoff yang sama sesuai dengan tanggal mulai karyawan)
  36. Karyawan akan mendapat gaji langsung pada cutoff berjalan. Contoh: cutoff date tanggal 21 dan karyawan masuk pada tanggal 18, maka karyawan akan langsung mendapat gaji pada periode cutoff bulan tersebut
  37. On the next cutoff period based on their start date after date ….. Every month (Periode cutoff selanjutnya sesuai tanggal mulai karyawan)
  38. Karyawan baru akan mendapatkan gaji di cutoff selanjutnya jika mulai bekerja di perusahaan setelah tanggal yang disimpan. Contoh: cutoff date adalah tanggal 21 dan pada pengaturan ini diisi after date 17 every month. Jika karyawan masuk pada tanggal 16, maka karyawan akan langsung mendapat gaji pada periode cutoff bulan tersebut. Jika karyawan masuk pada tanggal 17, maka karyawan masih akan langsung mendapatkan gaji pada periode cutoff bulan tersebut
  39. Cutoff type (Tipe Cutoff): Weekly (Mingguan)
  40. Cutoff day (Hari Cutoff)
  41. Hari cutoff adalah batasan hari untuk menghitung gaji. Misalnya, jika hari cutoff adalah Kamis, artinya periode untuk perhitungan gaji mingguan adalah hari Jumat minggu lalu sampai dengan hari Kamis minggu ini
  42. Divisor for proportional calculation (Pembagi untuk perhitungan proporsional)
  43. Terdapat empat pilihan: Based on calendar day (berdasarkan hari kalender), Based on working day (berdasarkan hari kerja), Calendar day per fixed number (hari kalender per angka tetap), Working day per fixed number (hari kerja per angka tetap).
  44. Working Days (Hari Kerja)
  45. Atur hari kerja yang jadi acuan untuk menghitung prorata penggajian di perusahaan Anda.
  46. Silakan centang hari kerja yang tersedia dari Senin - Minggu
  47. Include holidays on working day (Termasuk hari libur pada hari kerja) 
  48. Hanya akan muncul jika menggunakan Number of working days / working days per fixed number in cutoff period (Jumlah hari kerja / hari kerja per angka tetap pada periode cutoff) untuk perhitungan proporsional. Pelajari lebih lanjut terkait perhitungan proporsional di CATAPA.
  49. Calculation period limit for unpaid daily salary component (Batas periode perhitungan untuk komponen gaji harian yang belum dibayarkan)
  50. Batas periode perhitungan untuk komponen gaji harian yang belum dibayarkan. Terdapat dua pilihan, Yes (Ya) dan No Limit (Tidak dibatasi).


Kasus H 


Pelajari lebih lanjut mengenai Cara Menambahkan Karyawan ke Paygroup (Kelompok Gaji) dan Dampak Pengaturan Tanggal Cutoff terhadap Proses Penggajian di CATAPA.

Sumber
  1. CATAPA

Masih memiliki pertanyaan?

CATAPA selalu siap menjawab pertanyaan Anda.

Kirim Pertanyaan
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.