Penggajian

Salary Changes (Perubahan Gaji) untuk Karyawan yang Sudah Memiliki SK Gaji

Dipublikasi 31-01-2022 (diperbarui 23-09-2022)

Terdapat beberapa alasan mengapa karyawan yang sudah memiliki Surat Keputusan Gaji perlu diperbarui ulang Surat Keputusan Gaji nya:

  1. Terdapat perubahan template gaji karyawan melalui penambahan item gaji Individual (Individu), Formula, Job Level (Pangkat), dan Job Title (Nama Jabatan) pada template gaji karyawan bersangkutan. 
  2. Pelajari lebih lanjut berbagai macam tipe komponen gaji pada halaman ini.
  3. Terdapat perubahan nominal pada item gaji Individual (Individu) untuk karyawan bersangkutan.
  4. Terdapat perubahan formula suatu item gaji bertipe Formula yang berlaku untuk karyawan bersangkutan.
  5. Terdapat perubahan nominal untuk item gaji bertipe Job Level (Pangkat) dan Job Title (Nama Jabatan) pada suatu Pangkat dan Nama Jabatan yang sama dan berlaku untuk karyawan bersangkutan.
  6. Contoh: Tunjangan Komunikasi untuk level (pangkat) Supervisor yang sebelumnya Rp. 250.000,- diubah per 1 Januari 2022 menjadi Rp. 350.000,-
  7. Terdapat perubahan Job Level (Pangkat) dan Job Title (Nama Jabatan) pada karyawan bersangkutan yang mempengaruhi besaran nominal untuk item gaji Job Level (Pangkat) dan Job Title (Nama Jabatan).
  8. Contoh: Karyawan A yang sebelumnya memiliki level (pangkat) Supervisor naik jabatan menjadi General Manager per 1 Januari 2022. Maka Tunjangan Komunikasi yang diterima karyawan A yang sebelumnya Rp.250.000,. (karena memiliki pangkat Supervisor) diubah per 1 Januari 2022 menjadi Rp.500.000,. (karena naik pangkat menjadi General Manager). 
  9. Terdapat perubahan Recurrence (peraturan pengulangan) untuk item gaji Individual (Individu) dan Editable karyawan bersangkutan.

 

Perubahan Surat Keterangan Gaji dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut:


Screenshot (34).png


Screenshot (35).png


  1. Buka menu Compensation & Benefits (Kompensasi & Manfaat) > Payroll (Penggajian) > Employee Salary (Gaji Karyawan) > Salary Changes (Perubahan Gaji)
  2. Pilih bagian Active (Aktif) untuk melihat data karyawan yang sudah memiliki Surat Keterangan Gaji
  3. Klik icon pensil di sebelah data Surat Keterangan Gaji yang ingin diubah
  4. Pilih Create New Changes (Buat Perubahan Baru)
  5. Jika Salary Template (Template Gaji) karyawan ingin diubah, maka pilih template gaji yang ingin digunakan pada bagian Salary Template (Template Gaji)
  6. Isi Effective Date (Tanggal Efektif) dengan tanggal gaji baru berlaku. Tanggal ini harus lebih besar dari tanggal efektif Surat Keterangan Gaji sebelumnya.
  7. Isi berbagai nominal komponen gaji pada kolom yang disediakan
  8. Klik tombol Save (Simpan) untuk menyimpan perubahan gaji.

 

Screenshot (36).png


Screenshot (37).png


Jika aturan auto-approve individual salary changes request (Setujui pengajuan perubahan gaji individu secara otomatis) pada Menu Compensation & Benefits (Kompensasi & Manfaat) > Setup (Pengaturan) > Payroll (Penggajian) > Policy (Aturan), diisi dengan:

  1. Yes (Ya): Perubahan gaji individu tidak memerlukan tahapan persetujuan untuk dapat aktif. Perubahan gaji dapat langsung dilihat pada bagian Active (Aktif) pada Menu Salary Changes (Perubahan Gaji).
  2. No (Tidak): Perubahan gaji individu perlu persetujuan pada menu Compensation & Benefits (Kompensasi & Manfaat) > Payroll (Penggajian) > Approvals and Undo (Persetujuan dan Pembatalan) > Individual Salary Changes Approval (Persetujuan Perubahan Gaji Individu) untuk dapat aktif.


Pelajari lebih lanjut cara menerbitkan SK Gaji untuk karyawan baru pada halaman ini.

Sumber
  1. CATAPA

Masih memiliki pertanyaan?

CATAPA selalu siap menjawab pertanyaan Anda.

Kirim Pertanyaan
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.