BPJS Ketenagakerjaan

Langkah - langkah mengaplikasikan JKP pada template BPJS Ketenagakerjaan

Dipublikasi 31-08-2021

(Ftur Segera Hadir)

Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda lakukan saat ingin mengaplikasikan JKP pada template BPJS Ketenagakerjaan yang Anda miliki.

1. Akses halaman Kompensasi & Manfaat > Pengaturan > BPJS Ketenagakerjaan > Komponen


2. Silahkan sesuaikan persentase Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP) Anda sesuai dengan ketentuan pemerintah, yaitu :

  • Mengurang persentase JKK yang sesuai dengan ketentuan pemerintah sebesar 0.14%. Berikut persentase JKK sesuai dengan aturan pemerintah.
  1. Tingkat risiko "Sangat Rendah" : 0.24%, menjadi 0.1%
  2. Tingkat risiko "Rendah" : 0.54%, menjadi 0.4%
  3. Tingkat risiko "Sedang" : 0.89%, menjadi 0.75%
  4. Tingkat risiko "Tinggi" : 1.27%, menjadi 1.13%
  5. Tingkat risiko "Sangat Tinggi" : 1.74%, menjadi 1.6%
  • Mengurang nilai JKM yang sesuai dengan ketentuan pemerintah sebesar sebesar 0.1% (0.3% - 0.1%, menjadi 0.2%)
  • Mengubah persentase JKP menjadi 0.24%


3. Setelah menyesuaikan persentase ketiga komponen di atas, silahkan mengakses halaman Kompensasi & Manfaat > Pengaturan > BPJS Ketenagakerjaan > Template Master


4. Silahkan memilih template yang Anda inginkan untuk diaplikasikan persentase JKP kemudian klik tombol Terapkan JKP untuk Template yang Dipilih, atau Anda juga dapat langsung mengklik tombol Terapkan JKP untuk Semua Template untuk mengaplikasikan JKP pada seluruh template BPJS yang Anda miliki

5. Sistem akan secara otomatis menyesuaikan persentase JKK, JKM, JKP pada setiap template yang Anda pilih sesuai dengan persentase yang telah Anda definisikan pada langkah nomor 2


Sangat penting untuk diperhatikan!

Pastikan langkah nomor 2 sudah Anda lakukan, karena setiap kali Anda mengklik tombol Terapkan JKP, maka sistem akan selalu menggunakan persentase JKK, JKM, JKP yang sudah didefinisikan pada komponen untuk setiap template yang Anda ingin terapkan JKP.


Bagaimana Jika Template BPJS yang Anda ingin terapkan JKP, sebelumnya tidak memiliki komponen JKK JKM?

Saat klik tombol “Terapkan JKP”, sistem tidak dapat secara otomatis menyesuaikan persentase JKK, JKM, JKP pada template Anda yang sebelumnya tidak memiliki komponen JKK, JKM. Silahkan untuk menambahkan secara manual terlebih dahulu komponen JKK, JKM pada template tersebut.


Masih memiliki pertanyaan?

CATAPA selalu siap menjawab pertanyaan Anda.

Kirim Pertanyaan
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.