BPJS Ketenagakerjaan

Ekspor Data BPJS Kesehatan ke dalam Format SIPP

Dipublikasi 20-12-2019 (diperbarui 24-02-2020)

Data BPJS Kesehatan dalam CATAPA dapat di ekspor ke dalam format SIPP.


SIPP (Sistem Informasi Pelaporan Peserta) merupakan website pelaporan peserta online yang dikembangkan sebagai alat bantu perusahaan untuk melakukan pengelolan data kepesertaan berupa data perusahaan, tenaga kerja, upah dan penghitungan iuran BPJS Ketenagakerjaan.


Formulir yang disediakan Catapa antara lain :


  • New Member Form atau Formulir Peserta Baru

Berkas ini digunakan untuk menambahkan data karyawan yang sebelumnya belum memiliki kartu BPJS Ketenagakerjaan. Daftar karyawan yang muncul pada berkas ini adalah karyawan yang belum memiliki keangotaan BPJS Ketenagakerjaan di Catapa per bulan periode berkas diunduh.


Berkas ini dapat digunakan sebagai pembaruan data di aplikasi SIPP pada menu Tambah TK > Tambah Massal (Upload) > tenaga kerja belum memiliki kartu BPJS Ketenagakerjaan.


  • Advance Member Form atau Formulir Peserta Lanjutan

Berkas ini digunakan untuk menambahkan data karyawan yang sebelumnya telah memiliki kartu BPJS Ketenagakerjaan. Daftar karyawan yang muncul pada berkas ini adalah karyawan yang telah memiliki tanggal mulai keanggotaan BPJS Ketenagakerjaan di Catapa sesuai dengan bulan periode berkas tersebut diunduh.


Berkas ini dapat digunakan sebagai pembaruan data di aplikasi SIPP pada menu Tambah TK > Tambah Massal (Upload) > tenaga kerja sudah memiliki kartu BPJS Ketenagakerjaan.


  • Wage Update Form atau Formulir Pembaruan Upah

Berkas ini digunakan untuk mengubah data upah karyawan. Daftar karyawan yang muncul pada berkas ini adalah karyawan baru (yang telah didaftarkan keanggotaan BPJS Ketenagakerjaannya) atau pun karyawan yang memiliki perubahan SK gaji sesuai dengan bulan periode berkas tersebut diunduh.


?Berkas ini dapat digunakan sebagai pembaruan data di aplikasi SIPP pada menu Upload Upah.


  • Terminated Member Form atau Formulir Peserta Keluar

Berkas ini digunakan untuk mengubah data karyawan yang sudah tidak aktif. Daftar karyawan yang muncul pada berkas ini adalah karyawan yang sudah diberhentikan di Catapa sesuai dengan bulan periode berkas tersebut diunduh. Berkas ini dapat digunakan sebagai pembaruan data di aplikasi SIPP pada menu Upload TK NA.




Detail penggunaan fitur dapat dijelaskan sebagai berikut :


1.Buka halaman BPJS report pada menu Kompensasi & Manfaat > BPJS Ketenagakerjaan > Laporan

Menu Utama.JPG



2.Pilih jenis laporan/formulir yang ingin diunduh

daftar form SIPP.JPG


3.Pilih Provider & Periode yang akan diunduh

provider BPJS.JPG


4.Klik tombol Download Excel


5.File excel yang telah di download dan diisi dapat di upload pada halaman SIPP.

Masih memiliki pertanyaan?

CATAPA selalu siap menjawab pertanyaan Anda.

Kirim Pertanyaan
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.