CATAPA FREE for UMKM

#CATAPAFREEforUMKM: Dengan AI, Berdaya Bersama untuk Indonesia

Dipublikasi 28-05-2021

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) mempunyai peran luar biasa penting dalam menopang perekonomian Indonesia.


Merujuk pada data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) tahun 2008, jumlah pelaku UMKM sebanyak 64,2 juta atau 99,99% dari jumlah pelaku usaha di Indonesia.


Daya serap tenaga kerja UMKM adalah sebanyak 117 juta pekerja atau 97% dari daya serap tenaga kerja dunia usaha. Sayangnya, kontribusi UMKM terhadap perekonomian nasional (produk domestik bruto/PDB) hanya sebesar 57 persen.


Mengutip Medcom (19/02/2021), Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas), Suharso Monoarfa menyebut rendahnya pemanfaatan teknologi — termasuk digitalisasi — dalam menjalankan usaha sebagai salah satu dari lima permasalahan utama UMKM di Indonesia.


Sebagai solusi konkret untuk mengatasi permasalahan tersebut, Catapa meluncurkan program “#CATAPAFREEforUMKM” untuk membantu para pengusaha UMKM dalam sistem penggajian otomatis terhadap (maksimal) 20 karyawan mereka.


Terdapat empat fitur utama yang dapat dinikmati pelaku usaha dalam program yang resmi diluncurkan pada 1 September 2020 ini. Keempat program tersebut adalah:


1. CATAPA Basic

Fitur ini bisa digunakan untuk mengelola data karyawan, memberikan pengumuman perusahaan, melakukan proses penggajian bulanan termasuk perhitungan BPJS dan PPh 21 dalam satu kali klik, melakukan proses penggajian tambahan seperti THR dan bonus, melakukan proses perhitungan uang pesangon, dan mengelola pinjaman perusahaan untuk karyawan, disertai dengan laporan yang dapat diunduh tanpa batas.


2. CATAPA Time Management

Fitur canggih yang berfungsi mengelola data kehadiran, ketidakhadiran, cuti, dan lembur pegawai, disertai dengan laporan yang dapat diunduh secara bebas.


3. CATAPA Employee Self Service (ESS)

Fitur yang dapat dimanfaatkan karyawan untuk mengelola data pribadi, melihat data kepegawaian, melihat informasi dan pengumuman perusahaan, mengunduh slip gaji dan pajak, mengajukan dan menyetujui kehadiran, ketidakhadiran, cuti, dan lembur.


4. CATAPA Chatbot (Claudia)

Fungsi chatbot dengan Claudia di mana karyawan dapat melihat data pribadi dan kepegawaian, melihat informasi dan pengumuman perusahaan, mengajukan dan menyetujui kehadiran, ketidakhadiran, cuti, dan lembur. Chatting dengan Claudia dapat digunakan di platform Facebook Messenger, LINE, Slack, atau Telegram.

Masih memiliki pertanyaan?

CATAPA selalu siap menjawab pertanyaan Anda.

Kirim Pertanyaan
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.