Penggajian

Cara Mengubah Besaran Gaji pada Komponen Gaji Editable

Dipublikasi 24-11-2017 (diperbarui 25-05-2023)

Pembayaran gaji yang bersifat tidak tentu (tidak dibayarkan secara bulanan) di CATAPA dapat menggunakan komponen gaji dengan tipe Editable. Nilai komponen gaji tersebut dapat diubah setiap bulannya sesuai kebutuhan perusahaan tanpa perlu mengganti SK gaji.

 

Cara mengubah besaran gaji untuk komponen gaji bertipe Editable dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu Import Editable Salary (Import Gaji Editable) dengan file excel atau Edit Editable Salary (Ubah Gaji Editable) per individu langsung di CATAPA.

 

Import Editable Salary (Import Gaji Editable)

I. Cara Download Template


import gaji editable.jpg


  1. Buka menu Compensation & Benefits (Kompensasi & Manfaat) > Payroll (Penggajian) > Salary Process (Proses Gaji) > Editable Salary Editor (Editor Gaji Editable) > Import Editable Salary (Unggah Gaji Editable)
  2. mPilih Paygroup (Kelompok Gaji) yang ingin di-input besaran editable-nya
  3. Pilih Month (Bulan) untuk penginputan gaji tipe editable
  4. Pilih salah satu opsi pada Download Berdasarkan
  5. Semua komponen gaji (All salary items): pada template akan otomatis muncul seluruh komponen gaji bertipe editable yang dimiliki setiap karyawan yang tergabung pada kelompok gaji yang dipilih
  6. Komponen gaji tertentu (Specific salary item(s)): Anda dapat memilih komponen gaji tipe editable mana saja yang ingin dimunculkan pada template
  7. Pilih centang Include Terminated Employee (Termasuk Karyawan yang Diberhentikan) jika ingin menginput data karyawan yang telah diberhentikan
  8. Klik Download Template untuk mendapatkan file excel
  9. Input besaran editable pada Template sesuai kebutuhan Anda


II. Penjelasan Template Excel Import Gaji Editable

  1. Anda wajib mengisi seluruh sel yang berwarna biru muda, yaitu: Employee ID (NIK) dan komponen gaji editable (minimal diisikan dengan angka 0)
  2. Sel kosong berwarna abu menandakan karyawan tidak memiliki komponen gaji editable pada template gaji. Anda tidak dapat mengisi sel ini atau Anda dapat menambahkan terlebih dahulu komponen gaji editable ke dalam template gaji karyawan yang bersangkutan.
  3. Angka 0 pada sel berwarna biru menandakan karyawan memiliki komponen gaji editable namun belum diisi besarannya. Anda dapat mengisi / mengubah besaran sel ini. 
  4. Jika pada sel berwarna biru sudah terdapat angka, maka karyawan tersebut sudah memiliki besaran pada komponen gaji editable. Anda dapat mengisi / mengubah sel ini.
  5. Urutan kolom komponen gaji bertipe editable dapat dipindah-pindah atau ditukar urutannya sesuai keinginan Anda dan file tetap dapat di-upload.
  6. Anda tetap dapat mengupload file walaupun judul kolom komponen gaji bertipe editable hanya diisi dengan kode editable
  7. Anda dapat mengubah besaran editable selama:
  8. Penggajian merupakan penggajian ter-latest (terakhir)
  9. Belum dilakukan proses pembayaran gaji


III. Cara Upload

  1. Pilih Paygroup (Kelompok Gaji) yang ingin di-input jumlah editable-nya
  2. Pilih Month (Bulan) untuk penginputan gaji tipe editable
  3. Pada box Upload File (Upload Berkas), drag Template excel yang sudah Anda update (mengacu poin I6) atau klik Browse File(s) (Telusuri Berkas)
  4. Klik Upload

 

Edit Editable Salary (Ubah Gaji Editable)


Screenshot (59).png


  1. Buka menu Compensation & Benefits (Kompensasi & Manfaat) > Payroll (Penggajian) > Salary Process (Proses Gaji) > Editable Salary Editor (Editor Gaji Editable) > Edit Editable Salary (Ubah Gaji Editable)
  2. Pilih Month (Bulan) dan Salary Item (Komponen Gaji) yang akan diubah.
  3. Ubah amount (jumlah) untuk masing-masing karyawan
  4. Klik Save Changes (Simpan Perubahan) jika sudah selesai
Sumber
  1. CATAPA

Masih memiliki pertanyaan?

CATAPA selalu siap menjawab pertanyaan Anda.

Kirim Pertanyaan
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.