General

5 Alasan Kenapa Startup dan UMKM Harus Coba CATAPA

Dipublikasi 10-05-2021

Sumber daya manusia atau karyawan merupakan salah satu elemen penting bagi  perusahaan. Memiliki tim yang berkualitas akan memberikan kesempatan bagi  pemilik usaha untuk menjalankan bisnisnya dengan baik. Oleh sebab itu, penting  bagi perusahaan untuk mampu mengelola karyawan mulai dari mememenuhi  kebutuhan dasar karyawan seperti gaji dan fasilitas lain hingga memantau performa  mereka lewat penilaian yang objektif berdasarkan data. 


Tugas tersebut biasanya dikerjakan oleh divisi Human Resources (HRD) di dalam  sebuah perusahaan. Namun, seringkali perusahaan rintisan atau UMKM masih  berpikir dua kali untuk berinvestasi pada tim HRD, sehingga peran dan fungsi HRD  terasa belum maksimal. Para pemilik usaha biasanya akan lebih fokus membangun  tim yang berkontribusi langsung terhadap jenis usahanya. 


Kini, dengan kemajuan teknologi, para pemilik usaha bisa menjalankan fungsi HRD  yang lengkap melalui aplikasi HRD berbasis web seperti CATAPA. Dengan  beragam fitur yang dimilikinya, CATAPA menawarkan solusi pengelolaan SDM atau  karyawan berbasis Artificial Intelligence (Ai). Cara ini dipercaya bisa membantu  perusahaan soal urusan manajemen SDM secara lebih cepat dan efisien. 


Berikut adalah 5 fitur yang bisa memudahkan kebutuhan HRD bagi startup dan  UMKM, simak penjelasannya berikut ini; 


1. Sistem Penggajian Hanya dalam 1x Klik 

Fitur ini menjadi andalan bagi CATAPA karena bisa mengatur berbagai  komponen gaji seperti pajak penghasilan (PPh 21), BPJK kesehatan, BPJS  TK, lemburan, THR, sistem bonus, dan lainnya. Semua kebutuhan itu bisa  dilakukan dengan proses yang sederhana, sehinga sangat memudahkan  ketika harus membuat laporan bulanan atau tahunan. 


2. Mengelola Absensi Secara Otomatis 

Di era pandemi seperti saat ini, perusahaan membutuhkan sistem absensi  yang sesuai dengan sistem working from home. Mulai dari sistem absen yang  bisa diakses melalui smartphone, hingga pengajuan lembur yang teratur. 


3. Sistem Reimbursement yang Transparan 

Pengajuan reimbursement bisa dipermudah dengan fitur Receipt Auto Scan,  sehingga karyawan hanya perlu mengirimkan berkas melalui kiriman foto.  Proses approval juga bisa dipantau dari sisi karyawan dan manajemen,  sehingga prosesnya transparan. 


4. Proses Rekrutmen yang Mudah

Salah satu fungsi HRD yang penting adalah melakukan proses rekrutmen.  Dengan aplikasi CATAPA, proses rekrutmen bisa dilakukan mulai dari  memasang iklan lowongan pekerjaan hingga proses penerimaan yang  berhubungan langsung dengan user atau manajemen. 


5. Layanan Claudia Chatbot 

Karyawan akan memiliki akses dengan HRD perusahaan selama 24 jam  nonstop dalam 7 hari. Claudia adalah layanan chatbot yang mampu  menjawab pertanyaan dan menjelaskan kebutuhan administratif. Selain itu,  fitur Employee Self Service (ESS) CATAPA juga bisa dimanfaatkan langsung  sesuai kebutuhan karyawan. 


Setelah melihat kelima manfaat di atas, sudah saatnya Anda mencoba menerapkan  sistem HR berbasis aplikasi seperti CATAPA pada bisnis rintisan Anda. CATAPA  sendiri sudah banyak dipercaya dan digunakan perusahaan-perusahan besar  maupun UMKM untuk mengelola karyawan mereka. 


Ada penawaran menarik bagi UMKM dan Startup yaitu CATAPA FREE! Anda bisa  menggunakan layanan CATAPA dan merasakan langsung manfaatnya tanpa  mengeluarkan biaya sepeser pun. Penasaran? Anda bisa melihat informasi  lengkapnya di sini.

Masih memiliki pertanyaan?

CATAPA selalu siap menjawab pertanyaan Anda.

Kirim Pertanyaan
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.