General

Pentingnya Pengelolaan SDM untuk UMKM dengan CATAPA

Dipublikasi 16-06-2021

0_3NIhdXh_sk63NLMN.jpgSumber daya manusia merupakan salah satu faktor penggerak perusahaan yang dapat memengaruhi performa suatu bisnis. Namun, tak sedikit ditemukan UMKM yang masih mengabaikan pengelolaan SDM. Tak hanya membicarakan soal pelatihan dan pengembangan, pengelolaan SDM dapat pula berupa penyediaan sistem yang dapat membantu UMKM memantau performa pekerja dalam unit bisnisnya. Dengan adanya sistem pemantauan, UMKM akan lebih mudah untuk melakukan evaluasi. Evaluasi ini yang nantinya akan dapat dijadikan acuan untuk melakukan suatu peningkatan.


Permasalahan umum yang terjadi pada UMKM adalah tidak loyalnya pekerja pada bisnis UMKM. Akhirnya, sering ditemukan pekerja yang terlambat masuk kerja, mengambil cuti seenaknya, atau bahkan hilang tanpa kabar sama sekali. Hal ini sangat merugikan bisnis UMKM bukan? Jika hal ini terus terjadi, bagaimana operasional bisnis dapat berjalan dengan baik? Apalagi disaat pandemi seperti sekarang, semua semakin sulit dipantau karena adanya WFH. Namun, jika melihat permasalahan ini lebih dalam, sebenarnya hal ini dapat terjadi karena satu hal yaitu sistem yang belum memadai. Sehingga, pekerja pun bingung karena tidak ada sistem atau ketentuan yang dapat mejadi pegangan.


CATAPA memberikan solusi untuk permasalahan ini melalui CATAPA Free for UMKM. Program ini ditujukan untuk membantu UMKM tetap maju dan berkembang meskipun sedang menghadapi situasi pandemi. Dengan adanya aplikasi CATAPA yang dapat membantu pengelolaan karyawan, pelaku UMKM dapat memantau karyawan mulai dari payroll, time management, benefit management, recruitment, juga CATAPA Safe (track, trace, dan isolate karyawan). Berikut beberapa tips and trick dalam memanfaatkan program CATAPA free for UMKM:


1. Komponen Penggajian Karyawan

Dengan CATAPA Free for UMKM, Anda dapat memanfaatkan fitur penggajian dengan komponen tertentu. Buatlah list komponen penggajian yang sesuai dengan ketentuan perusahaan Anda (Penggajian mingguan/bulanan, perhitungan pajak, retroaktif gaji).


2. Perhatikan Time Management Perusahaan

CATAPA Free for UMKM menyediakan fitur time management yang memungkinkan Anda mengelola penjadwalan perusahaan. Pastikan Anda telah mengatur jadwal kerja, jadwal libur atau cuti, jadwal perizinan sehingga dapat memudahkan Anda dalam pemantauan pekerja.


3. Edukasi Karyawan dengan Fitur Aplikasi

Pastikan Anda dapat mengedukasi karyawan untuk menggunakan aplikasi digital. Anda dapat memberikan informasi mengenai benefit dari penggunaan sistem seperti penggajian yang lebih jelas, pengajuan cuti yang lebih terperinci, kemudahan penggajuan reimbursement, dan lain sebagainya. Anda juga dapat memberikan reward and punishment untuk mendorong transformasi, bukan untuk memaksa karyawan, tapi untuk kelancaran operasional bisnis Anda.


4. Melakukan Monitoring

Setelah berhasil menerapkan sistem dari CATAPA, Anda dapat melakukan monitoring. Dengan adanya monitoring, Anda akan dapat lebih mudah memantau pekerjaan karyawan Anda yang nantinya dapat dijadikan bahan evaluasi.


CATAPA Free for UMKM hadir untuk membantu Anda para UMKM di Indonesia. Jika Anda menghadapi kesulitan, jangan khawatir karena CATAPA juga menyediakan Claudia yaitu Chatbot yang dapat membantu Anda mendapatkan berbagai informasi dengan menggunakan berbagai platform seperti Facebook Messenger, LINE, Slack, atau Telegram.

Masih memiliki pertanyaan?

CATAPA selalu siap menjawab pertanyaan Anda.

Kirim Pertanyaan
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.