General

Otomatisasi Pengelolaan Sumber Daya Manusia melalui Artificial Intelligence

Dipublikasi 27-05-2021

Teknologi memegang peranan penting dalam kemajuan yang terjadi di dunia sejak era revolusi industri, kemudahan yang ditawarkan teknologi menjadi nilai tambah bagi pelaku industri untuk menjalankan kegiatannya. Tidak terkecuali bagi sistem pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM), Teknologi otomatisasi yang mempermudah kegiatan berkaitan dengan SDM semakin marak digunakan. Kemudahan yang ditawarkan dapat dicontohkan dengan membebaskan karyawan dari tugas manual yang membosankan, dan memungkinkan mereka untuk fokus pada tugas-tugas kompleks seperti pengambilan keputusan dan penyusunan strategi untuk meningkatkan efisiensi departemen SDM.


Salah satu teknologi otomatisasi yang banyak dikembangkan adalah Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan, Pada tingkat tinggi, AI adalah teknologi yang memungkinkan komputer untuk belajar dari dan membuat atau merekomendasikan tindakan berdasarkan data yang dikumpulkan sebelumnya. Dalam hal manajemen SDM, AI dapat diterapkan dengan berbagai cara untuk merampingkan proses dan meningkatkan efisiensi.


AI memberi departemen SDM kesempatan untuk meningkatkan pengalaman kandidat dan karyawan dengan mengotomatiskan tugas-tugas yang berulang dan bernilai rendah serta meluangkan waktu untuk fokus pada pekerjaan yang lebih strategis dan kreatif yang dibutuhkan dan ingin diselesaikan oleh tim SDM. AI mengotomatiskan dan mempercepat banyak tugas administratif. Departemen SDM tidak harus memberi makan karyawan dengan informasi yang mereka butuhkan. AI chatbots dapat menangani semua pertanyaan karyawan dan memberikan solusi yang sesuai untuk mereka.


Salah satu platform otomatisasi SDM yang sedang bertumbuh adalah CATAPA, sebagai intelligent compensation & benefits platform CATAPA merupakan solusi penggajian digital dan pengelolaan SDM berbasis AI yang membantu perusahaan & 15x lebih cepat dan efisien. CATAPA menawarkan solusi CATAPA Work from Anywhere dan CATAPA Free for UMKMCATAPA Work from Anywhere memungkinkan karyawan bekerja dari mana saja sekaligus memastikan karyawan Anda tetap produktif dan aman, sementara CATAPA Free for UMKM adalah salah satu program untuk mendukung UMKM Indonesia tetap berkembang ditengah pandemi COVID-19 serta menjadi solusi penggajian dan pengelolaan karyawan yang dapat diperoleh secara GRATIS untuk UMKM Indonesia.


Untuk menggunakan layanan yang ditawarkan CATAPA pengguna dapat mengunduh aplikasi CATAPA, yang dengan memasang aplikasi CATAPA diharapkan dapat membantu memenuhi semua kebutuhan SDM di sebuah perusahaan. Fitur-fitur otomatisasi yang ditawarkan didalamnya meliputi Payroll, Time Management, Benefit Management (Reimbursement), Recruitment, CATAPA Safe, CATAPA Safe Check-In, dan Claudia Chatbot. CATAPA telah menambahkan fitur CATAPA Safe di tengah pandemi COVID-19, sehingga dapat mempermudah tracing atau pelacakan dan penelusuran riwayat kontak dari karyawan.

Masih memiliki pertanyaan?

CATAPA selalu siap menjawab pertanyaan Anda.

Kirim Pertanyaan
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.