General

Mengenal Payroll, Sistem Penggajian yang Kini Banyak Digunakan Perusahaan

Dipublikasi 04-06-2021

Sebuah perusahaan perlu memiliki sistem administrasi yang tepat dan akurat untuk menggaji  seluruh karyawannya. Umumnya, sebagian besar perusahaan saat ini menggunakan sistem yang dinamakan payroll, untuk memberikan gaji kepada seluruh karyawannya. Meski demikian,  karyawan juga perlu memahami sistem pembayaran gaji yang satu ini. 


Sebab, mereka bisa mengetahui kapan gaji yang akan diberikan dan melalui apa gaji tersebut  dikirimkan. Payroll sendiri merupakan salah satu sistem penggajian yang modern di era serba  canggih seperti sekarang ini. 


Payroll juga memiliki kelebihan, yakni bisa memudahkan suatu perusahaan dalam memberikan  gaji ke seluruh karyawan yang bekerja di setiap bulannya. Apalagi untuk perusahaan berskala  besar, yang mana memiliki karyawan dengan jumlah yang banyak, yakni ratusan, bahkan hingga  ribuan. 


Tak hanya itu saja, menggunakan sistem payroll juga memiliki manfaat, lho! Seperti apa?  Langsung saja simak penjelasannya di bawah ini, ya


Manfaat Payroll 

1. Bisa tahu laporan gaji bulanan 

Dengan menggunakan sistem payroll kamu bisa mengetahui rincian laporan gaji setiap  bulannya. Rincian yang dimaksud seperti persentase potongan pajak, BPJS, dan gaji bersih yang  diterima tiap bulannya. 


Tak hanya untuk perusahaan, payroll juga memiliki manfaat untuk para karyawan. Sebab,  mereka bisa lebih mudah mengetahui slip gaji dengan sistem ini. Biasanya slip gaji tersebut  akan dikirimkan langsung ke email karyawan. 


2. Hemat waktu 

Manfaat lain dalam menggunakan sistem pembayaran payroll adalah dapat menghemat waktu.  Namun, hal ini berlaku untuk mereka yang bertugas di bagian administrasi atau yang biasa kita  ketahui HR. Sistem penggajian ini memang memiliki banyak fitur, sehingga bisa lebih mudah  untuk melakukan proses pembayaran gaji. 


3. Menghitung potongan dan jumlah gaji 

Salah satu fitur yang berguna dan cukup penting dari sistem pembayaran payroll adalah  menghitung potongan dan jumlah gaji setiap karyawan. Dengan jumlah gaji kotor yang sudah  ditentukan, maka sistem payroll secara otomatis juga akan menghitung potongan gaji, seperti  pajak, BPJS, asuransi, dan lain sebagainya.


Selain itu, beberapa sistem payroll juga dapat menyertakan penggantian suatu biaya yang  lainnya atau salah satunya reimbursement, dan pengobatan atau perawatan yang tidak  menggunakan BPJS.

Masih memiliki pertanyaan?

CATAPA selalu siap menjawab pertanyaan Anda.

Kirim Pertanyaan
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.