General

Mengapa HR harus lebih fokus terhadap pekerjaan strategis dan bagaimana CATAPA dapat mendukungnya

Dipublikasi 10-05-2021 (diperbarui 10-05-2021)

HR pada awalnya memang dibangun sebagai tim administrasi dan mitigasi risiko. Namun, saat ini perusahaan membutuhkan peran lebih banyak dari HR. Mengapa demikian?


Para pemimpin HR harus mengubah cara berpikir mereka tentang pekerjaan dan keahlian mereka. Mereka harus menganggap diri mereka sebagai pendorong hasil bisnis melalui orang-orang. Pemimpin HR yang sukses adalah mereka yang dapat menghubungkan program karyawan dengan hasil bisnis dan melibatkan pemimpin lain untuk mencapai tujuan tersebut.


Mengapa Strategi HR itu penting?


Sebuah data menunjukkan, perusahaan yang mengutamakan karyawannya mendorong kinerja yang jauh lebih tinggi daripada perusahaan yang tidak berfokus pada karyawan dan budayanya. Agar perusahaan menyadari potensinya, mereka perlu berinvestasi pada orang-orang dan budaya mereka. Maka dari itu, Strategi HR sangat diperlukan.


HR memainkan peran penting dalam menentukan hasil bisnis perusahaan. Dibandingkan dengan HR yang hanya fokus pada pekerjaan administratif, HR yang fokus pada pekerjaan strategis dapat mengklaim untuk meningkatkan pangsa pasar, menumbuhkan basis pelanggan, mendorong inovasi produk, meningkatkan penjualan, dan membantu perusahaan menjadi lebih cekatan.


Keterampilan apa yang harus dimiliki seorang HR Strategis?


Seorang HR Strategis setidaknya harus secara aktif menunjukkan tujuh keterampilan utama, yaitu:

  1. Keahlian bisnis: Memahami dan berbicara bahasa bisnis.
  2. Manajemen perubahan: Mempercepat perubahan dalam organisasi untuk memenuhi kebutuhan bisnis.
  3. Rekayasa organisasi: Pahami cara kerja organisasi dan praktik terbaik untuk sukses.
  4. Manajemen budaya: Mendorong budaya dan memastikan bahwa setiap langkah yang dilakukan perusahaan sejalan dengan budaya yang ingin dimiliki perusahaan.
  5. Analisis Data: Menggunakan data untuk membuat keputusan dan membantu orang lain mengajukan pertanyaan yang tepat untuk mendapatkan jawaban yang benar.
  6. Inklusi: Membangun semangat setiap karyawan, apapun ras, jenis kelamin, usia, dan lain-lain.
  7. Pemasaran: Pahami bahwa karyawan adalah wajah organisasi. Karyawan yang bahagia dapat menjadi brand ambassador terbaik dan dapat digunakan sebagai kekuatan untuk merekrut karyawan-karyawan baru terbaik.


Bagaimana CATAPA dapat membantu HR lebih fokus pada pekerjaan strategis?


Waktu sangatlah berharga. Setiap jam yang seorang HR habiskan untuk pekerjaan administratif dapat dihabiskan untuk pekerjaan yang lebih berarti seperti merencanakan strategi.


Pada umumnya, sebuah teknologi diciptakan untuk mengurangi dan mempermudah pekerjaan manusia. Begitu pula CATAPA. CATAPA hadir untuk menangani pekerjaan administratif HR, sehingga para HR dapat lebih fokus terhadap pekerjaan strategis.


The world’s smartest and most productive people accomplish more by doing less. Namun, bukan berarti mereka tidak banyak bekerja. Itu berarti bahwa saat mereka datang bekerja, mereka tidak melakukan semua hal kecil yang menyita waktu.

Masih memiliki pertanyaan?

CATAPA selalu siap menjawab pertanyaan Anda.

Kirim Pertanyaan
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.