Di Topik Ini

Custom Report

Laporan Khusus / Custom report

Dipublikasi 05-01-2021 (diperbarui 07-02-2024)

Terbaru: Custom Report GPT (Beta)

CATAPA saat ini telah menyediakan laporan khusus yang dikembangkan dengan memanfaatkan teknologi GPT. Saat ini dalam fase beta, tim CATAPA dapat menyediakan report karyawan dan payroll dengan lingkup data terbatas untuk perusahaan Anda. Dengan menggunakan GPT, Anda cukup menuliskan data yang Anda butuhkan di dalam report beserta formatting yang dibutuhkan menggunakan prompt yang bersifat deskripsi atau perintah. Fitur ini sedang aktif kami kembangkan dan feedback Anda sangat berharga bagi kami.


Custom Report


Laporan khusus atau custom report memberikan kemudahan kepada HR atau Admin di CATAPA untuk mengkonfigurasi laporan karyawan maupun laporan perusahaan sesuai dengan format yang diinginkan. Pengguna dapat mengelola kolom dan menambahkan kriteria pada setiap kolom berdasarkan kebutuhan. Perusahaan dapat membuat maksimal 3 laporan khusus secara gratis. Jika ada kebutuhan untuk membuat lebih dari 3 laporan, maka Anda dapat mengaktifkan laporan khusus premium dengan mengirim permohonan melalui email ke support@catapa.com atau menghubungi kami di 150150.


Laporan khusus terdiri dari dua kategori sebagai berikut.

  1. Laporan Karyawan. Kolom utama pada laporan ini adalah Nomor Induk Karyawan (Employee ID) dan Nama Karyawan. Pengguna dapat menyesuaikan kolom selanjutnya dengan detail data karyawan dan data kompensasi & manfaat karyawan. Contoh laporan yang dapat dibuat dengan tipe Laporan Karyawan adalah Detail Data Karyawan dan Detail Kompensasi & Manfaat Karyawan.
  2. Laporan Perusahaan. Kolom utama pada laporan ini dapat dipilih antara Lokasi, Nama Jabatan, Pangkat, Organisasi, dan Pusat Biaya. Pengguna dapat menyesuaikan kolom selanjutnya dengan data kompensasi dan manfaat karyawan. Contoh laporan yang dapat dibuat dengan tipe Laporan Perusahaan diantaranya adalah Laporan Kompensasi dan Manfaat Berdasarkan Pusat Biaya.


Cara Membuat Laporan Khusus

  1. Buka halaman laporan khusus pada menu Panel Administrasi > Laporan Khusus.
  2. Klik + Tambah Laporan Khusus. 
  3. Isi Nama, Deskripsi, dan Kategori Laporan
  4. Pilih Kolom Utama (khusus untuk kategori Laporan Perusahaan) dan pilih Status Karyawan.
  5. Data laporan akan dikelompokkan sesuai dengan kolom utama yang dipilih. 
  6. Laporan akan berisikan data karyawan aktif atau/dan data karyawan yang sudah diberhentikan sesuai dengan kolom status karyawan yang dipilih.
  7. Cari dan pilih data yang ingin ditambahkan sebagai kolom ke dalam laporan secara satu per satu dengan menekan icon tambah atau sekaligus dengan menekan tambahkan semua.

Screen Shot 2023-02-22 at 09.09.25.png

  1. Setelah ditambahkan, data akan berpindah ke bagian sebelah kanan (kolom laporan). Anda dapat mengubah nama kolom dengan menekan icon pensil, menghapus kolom dari laporan dengan menekan icon silang, mengubah kriteria, ataupun mengubah urutan kolom dengan drag and drop icon titik enam pada bagian paling kanan.
  2. Setelah selesai melakukan konfigurasi, Anda dapat melakukan Pratinjau dengan Data Contoh untuk melihat bentuk laporan yang akan dihasilkan.
  3. Pastikan anda telah centang "Termasuk data kosong yang ada di seluruh filter" agar sistem dapat menarik data karyawan meskipun terdapat kolom yang kosong atau belum terisi.
  4. Jika sudah yakin, Anda dapat klik Simpan.


Cara Mengubah Laporan Khusus

  1. Buka halaman laporan khusus pada menu Panel Administrasi > Laporan Khusus.
  2. Pilih laporan yang akan diubah dengan klik nama laporan.
  3. Lakukan perubahan pada detail laporan, kemudian Simpan perubahan.


Cara Menghapus Laporan Khusus

  1. Buka halaman laporan khusus pada menu Panel Administrasi > Laporan Khusus.
  2. Pilih laporan yang akan dihapus dengan klik nama laporan.
  3. Kemudian pilih Aksi > Hapus Laporan dan lakukan konfirmasi penghapusan laporan. 


Cara Mengunduh Laporan Khusus

  1. Buka halaman laporan khusus pada menu Panel Administrasi > Laporan Khusus.
  2. Pilih laporan yang akan diunduh dengan klik Download atau dengan klik nama laporan untuk melihat detailnya terlebih dahulu, kemudian pilih Download.


Cara Menduplikasi Laporan Khusus

  1. Buka halaman laporan khusus pada menu Panel Administrasi > Laporan Khusus.
  2. Pilih laporan yang akan diduplikasi dengan klik nama laporan.
  3. Kemudian pilih Aksi > Duplikasi Laporan.
  4. Halaman untuk membuat laporan baru akan terbuka dengan detail laporan yang sudah diduplikasi dari laporan sebelumnya.
  5. Isi nama dan deskripsi laporan, kemudian simpan. Perlu diingat bahwa nama laporan tidak boleh sama dengan laporan lainnya.


Contoh Kasus:


  1. Anda membutuhkan detil kondisi data kepegawaian karyawan pada tahun 2021.


Tahap konfigurasi



Screen Shot 2024-01-18 at 23.43.12.png

  1. Beri nama laporan yang Anda akan buat.
  2. Pada bagian "Kategori laporan" atau "Report category", pilihlah opsi "Employee report" atau "Laporan karyawan".
  3. Jika Anda hendak menyertakan karyawan yang telah resign, maka Anda dapat mencentang boks "Diberhentikan" atau "Terminated" pada bagian "Status karyawan" atau "Employee Status". Anda lalu dapat juga menambahkan field "last working date" atau "tanggal terakhir bekerja" untuk memudahkan sortir data pada excel nantinya.
  4. Pilih field dengan sufiks (Selected date), misalnya: Job level (Selected date), Job Title (Selected date), Organization (Selected date). Saat ini, field yang di-support untuk kasus tersebut terdapat dalam bagian "Employment data on selected date".
  5. Screen Shot 2024-01-18 at 23.43.49.pngTambahkan filter atau kriteria jika dibutuhkan, misalnya pada bagian Organisasi (Selected date) jika Anda hanya ingin memilih beberapa organisasi saja yang akan ditampilkan.
  6. Screen Shot 2024-01-18 at 23.44.19.pngAnda dapat klik tombol "Pratinjau dengan data contoh" atau "Preview with sample data" untuk menampilkan kolom-kolom yang sudah Anda buat.
  7. Klik "Simpan" atau "Save"




Tahap Download laporan



Screen Shot 2024-01-18 at 23.44.39.png




  1. Pada tampilan tabel laporan khusus, klik tombol download pada kolom "Aksi" atau "Action".
  2. Pilih periode yang anda butuhkan. Jika Anda hendak mengambil data status karyawan per tanggal 31 Desember 2021, maka Anda dapat memilih tanggal 31 Desember 2021 sebagai tanggal mulai dan tanggal selesai.
  3. Penting: Jika Anda memilih rentang periode tertentu, dan pada periode tersebut terdapat dua data yang aktif (misalnya seorang karyawan di mutasi sehingga memiliki 2 histori data, maka yang ditampilkan adalah data terakhir).
  4. Klik Download setelah selesai memilih periode.

Masih memiliki pertanyaan?

CATAPA selalu siap menjawab pertanyaan Anda.

Kirim Pertanyaan
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.