General

CATAPA Work From Anywhere, Solusi Pengelolaan SDM Cerdas dimasa WFH

Dipublikasi 10-05-2021

Dimasa pandemi ini, banyak perusahaan yang memberlakukan sistem WFH baik secara keseluruhan maupun parsial. Kondisi ini tentu memiliki tantangan tersendiri, mengingat adanya adaptasi yang harus dilakukan dari kegiatan offline ke online seperti bagaimana cara mengukur produktivitas karyawan ditengah WFH, serta presensi kehadiran karyawan. Sebelum adanya COVID-19, perusahaan telah memiliki standardisasi dan variable pengukuran yang mudah terlihat ketika dilakukan secara offline. Sementara itu, adanya COVID-19 saat ini memaksa perusahaan melakukan adaptasi dalam bentuk transformasi digital.


Untuk menjawab segala permasalahan baru yang timbul dimasa pandemi ini, CATAPA sebagai software penyedia solusi HR dan payroll secara aktif melakukan pengembangan fitur yang memudahkan perusahaan dalam melakukan digital shifting. Hal ini sekaligus menjadi poin diferensiasi CATAPA dengan software HRIS lainnya. Fitur-fitur tersebut diantaranya yaitu Contactless attendance, Digital approval, dan CATAPA safe. Fitur-fitur ini diharapkan mampu memindahkan kegiatan administrasi yang biasa dilakukan secara offline menjadi online sehingga mengurangi penyebaran COVID-19, serta mengintegrasikan berbagai hal yang berhubungan dengan SDM, termasuk perizinan dan penggajian karyawan. Apa saja fungsi dari masing-masing fitur terbaru dari CATAPA ini? Mari kita simak penjelasannya:


  • Contactless Attendance

Selama ini, banyak perusahaan yang mengandalkan fingerprint untuk mencatat kehadiran karyawan. Adanya kebijakan WFH ini tentunya membutuhkan solusi baru untuk mendata kehadiran karyawan. Fitur absensi digital yang dihadirkan oleh CATAPA ini berusaha mengurangi adanya kontak langsung antarkaryawan namun tetap memperhatikan akurasinya. Sebagai contoh, absensi ini bisa mendeteksi lokasi real time karyawan sehingga kehadiran dan produktivitas karyawan tetap bisa dipantau. Fitur contactless ini juga mencakup pengajuan izin dan penggajian karyawan yang tidak lagi mengandalkan paper based.


  • Digital Approval

Menurut Antara News, 41% perusahaan mengalami kesulitan untuk beradaptasi dan merancang sistem perizinan dan kegiatan operasional lainnya selama pandemi. Fitur digital approval yang dimiliki CATAPA ini dapat menjadi solusi yang tepat untuk menghadapi permasalahan tersebut. Selain mengurangi kontak langsung yang dapat mempercepat penyebaran COVID-19, fitur digital approval ini juga lebih ramah lingkungan. Pemindahan dan pengintegrasian informasi-informasi penting dalam cloud data ini diharapkan mampu meminimalisir terjadinya human error, serta meningkatkan aksesibilitas bagi pihak-pihak yang berkepentingan.


  • CATAPA Safe

Adanya fitur CATAPA safe ini mewujudkan program social distancing yang digagas pemerintah dengan memberikan peringatan jarak minimal antara satu individu dengan yang lain didalam kantor. Selain itu, fitur ini membantu perusahaan mendapatkan data karyawan untuk mengetahui apakah ia pernah melakukan kontak dengan orang yang positif COVID-19 atau tidak. Hal ini tentunya memudahkan manajemen sumber daya yang ada. Ketika salah satu karyawan terindikasi positif maka perusahaan dapat dengan segera memberikan kebijakan isolasi sehingga tidak terjadi penularan yang semakin luas dan menghambat operasional bisnis.


Tidak hanya pengecekan terhadap karyawan, para pemilik usaha juga dapat melakukan tracking pengunjung dari kantor / lokasi usahanya. Hampir sama dengan fungsi pengecekan pada karyawan, sistem ini juga dirancang untuk melakukan tracking pengunjung sehingga data kunjungan dapat diakses guna melakukan tracing apabila terjadi penyebaran COVID-19 diarea tersebut.


Selain ketiga fitur diatas, CATAPA juga mempunyai fitur andalan berupa chatbot untuk memaksimalkan kinerja HR yang diberi nama Claudia chatbot. Claudia chatbot ini membantu HR melakukan pendataan mengenai cuti dan absen menggunakan fitur employee self service. Fitur ini dirancanag untuk meringankan kinerja HR dengan membantu menjawab frequently asked question sehingga HR bisa lebih fokus terhadap hal hal yang sekiranya membutuhkan lebih banyak atensi seperti pengembangan talenta perusahaan.


Fitur-fitur yang dimiliki CATAPA ini diharapkan mampu menjawab tantangan besar yang dihadapi oleh para pelaku usaha, mulai UMKM hingga korporasi besar ditengah pandemi yang memaksa terjadinya digitalisasi bisnis pada hampir seluruh aspek operasionalnya. CATAPA memiliki keyakinan bahwa kecepatan perusahaan dalam beradaptasi dan berinovasi adalah kunci sukses dalam menghadapi disrupsi teknologi yang terjadi akibat adanya pandemi ini. Jadi, siapkah perusahaan anda untuk melakukan transformasi digital Bersama CATAPA?


Sumber
  1. CATAPA

Masih memiliki pertanyaan?

CATAPA selalu siap menjawab pertanyaan Anda.

Kirim Pertanyaan
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.