General

CATAPA Solusi Pengelolaan SDM Berbasis AI di Era Kebiasaan Baru

Dipublikasi 11-05-2021

Pandemi Covid-19 ini mengharuskan perusahaan beradaptasi dengan kebiasaan baru agar  ekosistem bisnis tetap berjalan sebagai mestinya. Kebijakan dan aturan-aturan baru harus  diubah, diadaptasikan dengan pemanfaatan teknologi terbaik dari hulu hingga hilir. 


Misalnya terkait sistem rekrutmen pegawai (hiring team), kemudian pengelolaan SDM  hingga sistem penggajiannya. Kemudian teknologi baru harus ramah dan memudahkan  sehingga bisa diimplementasi dengan baik terhadap tata kelola kerja pegawai. Dengan  begitu output produksi bisa maksimal.  


Di era kebiasaan baru ini, ada banyak sistem teknologi yang bisa diadaptasi untuk  mendorong efektivitas kerja persusahaan. Salah satunya CATAPA, platform aplikasi digital  yang hadir sebagai solusi penggajian digital dan pengelolaan SDM berbasis AI (artificial  inteligent). 


Penasaran dengan aplikasi ini? Silakan kunjungi situs https://catapa.com. Dalam aplikasi  ini ada banyak fitur yang bisa dimanfaatkan dengan baik bagi sistem pengelolaan SDM  perusahaan. Mulai dari rektutmen sampai manajemen pegawai: penggajian, iuran BPJS,  pembayaran pajak, dan banyak fitur lainnya. 


Contohnya, menggunakan CATAPA proses rekrutmen pegawai bisa lebih mudah. Hiring  Team misalnya, HRD bisa membuat lowongan kerja sendiri, dengan begitu seleksi kandidat  pegawai bisa lebih gampang, mulai dari memindahkan fase kandidat, mendiskualifikasi  hingga profiling


HRD perusahaan juga bisa membuat custom question sesuai kepentingan perusahaan, lalu membuat email sendiri, membuat dan mengatur jadwal, sekaligus menyediakan kolom  komentar. Nah berikut ini fitur recruitmen yang tersedia di CATAPA. 


Hiring Team 


Hiring team berisi individu yang dapat melakukan aksi dalam sebuah lowongan pekerjaan,  baik memindahkan fase kandidat, mendiskualifikasi kandidat, atau melihat profil kandidat. 


Hiring team dapat didefinisikan pada konfigurasi lowongan pekerjaan di dalam CATAPA.  Anda dapat mendaftarkan employee yang telah tersedia di CATAPA untuk mendapat akses  berdasarkan peran (role) yang ditugaskan.


Membuat Custom Question 


Pada application form, Anda dapat menambahkan pertanyaan tambahan untuk diisi oleh  calon kandidat. Pertanyaan tersebut dapat ditambahkan dengan menggunakan toolbar  yang tersedia pada halaman application form. Terdapat beberapa tipe pertanyaan yang  dapat anda tambahkan, yaitu: 

1. Jawaban Singkat 

2. Paragraf 

3. Pilihan berganda 

4. Checkbox 

5. Dropdown 

6. Angka 

7. Tanggal 

8. File upload 

9. Anda dapat membuat masing-masing pertanyaan opsional atau wajib dijawab oleh  kandidat. 


Membuat Email 


Untuk mengirimkan email kepada kandidat, Anda dapat membuka halaman Candidate  Timeline untuk kandidate terkait dan menekan tombol "Send Email". Pada bagian ini anda  dapat menggunakan template email yang sudah digunakan sebelumnya. Email yang dikirim  akan ditampilkan pada bagian Timeline. 


Membuat Jadwal 


Untuk membuat sebuah jadwal kegiatan, Anda dapat membuka halaman "Create an  Event". Apabila Anda memilih Event Type "Fixed" maka jadwal akan langsung dibuat dan  ditambakan ke Calendar orang-orang yang berkaitan. Apabila Anda memilih Event Type  "Proposed", Anda dapat mengusulkan jadwal dan periode jadwal tersebut untuk dipilih  oleh pihak pengelola kegiatan (pihak perusahaan) dan pihak peserta kegiatan (kandidat). 


Membuat Komentar 


Untuk memberikan komentar pada kandidat, Anda dapat membuka halaman Candidate  Timeline dan menekan tombol "Write a comment". Pada bagian ini anda dapat  menuliskan komentar dan melampirkan file untuk menyertai Comment.  


Selain itu, Anda pun dapat mengatur agar Comment yang Anda buat hanya dapat dilihat  oleh orang-orang tertentu melalui pilihan "Visible To".


Membuat Lowongan Pekerjaan 

1. Pastikan Anda telah melakukan setting organization, Job hierarchy (Job title dan Job  Level), Location, dan Employment Status di CATAPA. 

2. Pada dashboard recruitment, klik Add. 

3. Pada halaman job details, pilihlah job title yang akan dibuat, lalu beri kode unik  untuk membedakan lowongan ini dengan lowongan lainnya. 


Membuat Template Email 


Untuk mempercepat dan mempermudah komunikasi, anda dapat mendefinisikan template  email. Dengan mendefinisikan template email, anda dapat melakukan otomasi pengiriman  email saat kandidat mengalami perpindahan fase. Fitur ini dapat anda akses di  templates>Activities>Email. 

1. Isilah Recipient dengan nama penerima email tersebut. Anda dapat menyertakan  penerima email tersebut ke field "To", "CC", dan/atau "BCC". 

2. Isilah field "Subject" dengan subyek dari email yang akan dikirimkan

3. Isilah field "Body" dengan konten email yang akan anda kirimkan 


Tersedia token yang dapat Anda gunakan untuk melakukan personalisasi email. Token  adalah kata kunci / kode yang akan digantikan dengan properti kandidat. Contoh:  {Candidate First Name} akan digantikan dengan nama depan kandidat saat email tersebut  dikirimkan. 


Timeline Kandidat 


Aktivitas dan informasi mengenai pemrosesan kandidat akan ditampilkan di dalam  timeline kandidat. Pada timeline kandidat, Anda dapat mengirimkan email, membuat  jadwal, dan membuat komentar langsung pada timeline kandidat. Informasi setiap aktivitas  yang Anda lakukan terkait kandidat akan tercatat pada timeline untuk digunakan dalam  pengambilan keputusan. 


Workflow 


Workflow adalah urutan langkah proses rekrutmen yang berlaku untuk sebuah lowongan  pekerjaan. Contoh skenario langkah tersebut misalnya: 

1. Setelah kandidat berhasil mendaftar lowongan pekerjaan, kandidat melalui fase  screening 

2. Jika kandidat lolos fase screening, maka kandidat harus melakukan fit and proper  test

3. Jika kandidat lolos fase fit and proper test, maka kandidat akan diundang interview 4. Jika kandidat lolos fase interview, maka kandidat diharuskan untuk melakukan  medical check-up. 

5. Jika kandidat lolos fase medical check-up, maka HR akan melakukan proses offering  dengan kandidat. 


Pada contoh di atas, terdapat 5 fase yaitu: 

1. Screening 

2. Fit and proper Test 

3. Interview 

4. Medical Check-up 

5. Offering 


Anda dapat mendefinisikan workflow yang berisi 5 fase tersebut melalui menu Templates  > Workflow. Workflow harus didefinisikan sebelum membuat lowongan pekerjaan.  Kandidat yang diproses pada lowongan pekerjaan harus melallui fase-fase sesuai workflow  lowongan pekerjaan tersebut.

Masih memiliki pertanyaan?

CATAPA selalu siap menjawab pertanyaan Anda.

Kirim Pertanyaan
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.