General

CATAPA dan Segudang Keuntungannya untuk HRD dan Karyawan

Dipublikasi 15-06-2021 (diperbarui 15-06-2021)

1_Jc7j2xmF3_2yvTSPXHFB5g.png



Di era pandemi COVID-19 ini, masyarakat dituntut mengurangi mobilitas ke luar rumah. Oleh sebab itu, baik perusahaan, HRD, dan karyawan membutuhkan solusi baru untuk mengelola masalah kepegawaian dan penerapan protokol kesehatan yang bisa diakses hanya dengan satu sentuhan jari.



CATAPA adalah aplikasi penggajian digital dan pengelolaan Sumber Daya Manusia dengan beragam fungsi menarik yang bisa menjadi jawaban atas masalah ini. Meskipun kebanyakan aplikasi HRIS berkembang karena adanya pandemi yang mengharuskan semuanya serba digital, CATAPA memiliki fitur yang cocok digunakan saat pandemi berlangsung dan setelah pandemi berakhir di masa depan.


Didirikan tahun 21 April 2017, CATAPA bertujuan untuk menjadi Integrated HR Solution (one stop) yang digunakan untuk mempersingkat pengumpulan dokumentasi dan pemrosesan data. Mulai dari HRD hingga karyawan bisa dimudahkan dengan adanya aplikasi yang satu ini.


Apa saja keuntungan CATAPA untuk HRD dan karyawan?


  • Data Payroll yang Lebih Mudah Dibuat dan Diakses

Payroll adalah salah satu fitur paling penting dalam CATAPA. Setiap bulannya, HRD harus menghitung semua komponen gaji, dari mulai besaran gaji pokok, tunjangan, uang lembur, THR, dan bonus, serta pengurangan gaji dari pajak penghasilan (PPh 21), BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, dan data lainnya. Jika dilakukan secara manual, pengumpulan data ini akan membutuhkan waktu yang tidak sedikit.


CATAPA dapat menyederhanakan pengisian semua data terkait penggajian bagi HRD sehingga proses penghitungan upah dan proses pembayaran gaji bisa berjalan hanya dengan satu komando dari aplikasi.


Selain itu, terdapat juga metode penggajian yang bisa disesuaikan oleh perusahaan, baik itu secara mingguan ataupun bulanan. Sehingga perusahaan besar maupun UMKM kecil dapat menggunakan CATAPA.


Selain itu, karyawan bisa dengan mudah mendapatkan transparasi mengenai komponen dan besaran gaji mereka tanpa perlu meminta HRD untuk mencetak slip gaji. Mudah, bukan?



  • Time Management yang Memudahkan Karyawan, Manager, dan HRD dalam Masalah Absensi

CATAPA memiliki fitur Employee Self Service (ESS) dan Manager Self Service (MSS) yang memudahkan perusahaan mengelola waktu kerja karyawan.


ESS adalah fitur yang memungkinkan karyawan untuk mengajukan cuti atau izin sakit, menghitung waktu lembur, serta mempermudah pengisian daftar kehadiran yang mungkin bervariasi antar karyawan karena adanya flexi time ataupun sistem shift di perusahaan.


Sementara itu MSS adalah fitur yang membantu HRD dan karyawan level manager ke atas untuk melihat data pegawai. Tanpa perlu mengajukan permintaan ke HRD, manager dapat mengecek sendiri data pegawai, dari mulai melihat rekapitulasi jumlah absensi dan waktu kerja, data lembur, data cuti, hingga melihat hari ulang tahun pegawainya.



  • Memudahkan Pengumpulan Data Benefit Management

Jika perusahaan memiliki benefit reimbursement, baik itu pengembalian dana kesehatan, biaya perjalanan bisnis, biaya operasi, atau biaya yang lain, maka HRD pasti membutuhkan waktu cukup banyak untuk mengumpulkan dan memproses klaim reimbursement agar dana yang dikeluarkan karyawan tidak lama tertahan.


Berkat fitur Benefit Management, sekarang karyawan bisa mengajukan klaim reimbursement dengan cepat disertai bukti foto yang hanya perlu diunggah dalam aplikasi. Ketika HRD mendapatkan info klaim, mereka juga bisa langsung memproses data reimbursement dan langsung menyetujui atau menolak klaim.


Fitur ini memberikan transparasi proses reimbursement sehingga baik HRD dan karyawan bisa mengecek secara langsung proses klaim tanpa perlu berkomunikasi secara langung.



  • Pengecekan Rekrutmen Pegawai Jadi Lebih Mudah

CATAPA menghadirkan Aplikasi Recruitment untuk membantu HRD mengumumkan pembukaan lowongan kerja dan memantau proses rekrutmen di berbagai situs dan aplikasi lowongan kerja yang bekerjasama dengan perusahaan.


Fitur ini memungkinkan HRD untuk mengelola data pelamar kerja dari berbagai situs dalam satu wadah dan menyederhanakan proses pengumuman tahapan lamaran kerja bagi calon karyawan.


Dengan begitu, HRD tidak perlu lagi mengecek satu persatu situs dan aplikasi lowongan kerja untuk mendapatkan talenta baru untuk perusahaannya.



  • Integrasi CATAPA dan HikVision

Untuk mengatasi kerumunan di tempat kerja, banyak perusahaan yang menggunakan metode selang-seling antara WFH dan WFO. Hal ini menyebabkan pegawai harus absen dua kali, sekali absen di mesin absen kantor dan sekali lagi absen di aplikasi pencatatan absensi.HikVision adalah mesin absen teknologi terbaru yang sudah dilengkapi dengan fitur Facial Recognition, Mask Detection, dan Temperature Checking.


Berkat kerjasama antara CATAPA dan HikVision, kini semua data absensi melalui mesin akan masuk secara otomatis ke dalam sistem CATAPA sehingga HRD bisa mengelola data kehadiran karyawan hanya dengan mengakses satu aplikasi.


Selain itu fitur-fitur HikVision juga dapat mempersingkat waktu untuk screening karyawan dan penerapan protokol kesehatan dalam kantor saat pandemi COVID-19.


  • CATAPA Safe Sebagai Langkah Monitor Kesehatan Karyawan

CATAPA Safe adalah aplikasi yang dapat membantu perusahaan dan karyawan untuk memonitor keefektifan physical distancing. Aplikasi besutan Kaskus Network ini akan memberikan peringatan apabila ada dua atau lebih pengguna berada dalam jarak yang berdekatan.


CATAPA Safe juga dapat membantu tracking penularan COVID-19. Ketika ada karyawan yang terdeteksi terpapar virus, perusahaan memiliki data karyawan lain yang sempat berinteraksi dengan karyawan tersebut selama 14 hari belakangan dengan cepat.


Dengan begitu, perusahaan dan HRD dapat segera mengambil tindakan yang tepat sesuai dengan protokol kesehatan, seperti mewajibkan isolasi mandiri dan penyemprotan disinfektan di kantor.


Download CATAPA Safe di sini!


  • CATAPA Safe Check-in Sebagai Langkah Monitor Kesehatan Pengunjung

Tak hanya memonitor keadaan karyawan, kini pelaku usaha juga bisa mencatat informasi kesehatan dari pengunjung. Hanya dengan sekali scanning QR Code, pengunjung dapat mengisi data kedatangan mereka ke perusahaan atau tempat usaha yang menggunakan CATAPA Safe Check-in.


Ketika ada suspect COVID-19 yang terdeteksi berada di tempat usaha, pengunjung juga dapat dilacak dan diberikan informasi mengenai untuk pecegahan penularan virus.


  • Pendataan Karyawan yang Lebih Mudah

Banyak hal yang bisa terjadi dalam perusahaan, apalagi di masa pandemi COVID-19 ini. Perusahaan bisa saja melakukan PHK massal, rekrutmen besar-besaran, ataupun merekrut ulang pegawai lama yang telah resign sebelumnya.


Dengan sistem pengelola data terintegrasi di CATAPA, HRD bisa dengan mudah melakukan input dan output data pegawai secara massal dengan mudah. Data seluruh pegawai yang pernah bekerja di perusahaan juga tetap tercatat sehingga HRD tidak perlu melakukan input data ulang.


  • Claudia Chatbot yang Mempermudah Navigasi Karyawan

Claudia adalah chatbot interaktif dari CATAPA yang mempermudah karwayan saat menggunakan fitur Employee Self Service (ESS). Claudia akan berperan sebagai asisten saat pengajuan dan persetujuan cuti, absen, ataupun lembur dalam aplikasi.


Tipe pertanyaan pilihan ganda dari Claudia akan membantu karyawan saat mencari bantuan tanpa perlu malu bertanya kepada HRD sekaligus mempersingkat waktu di saat tergesa-gesa karena tidak butuh pihak ketiga.



  • Paket CATAPA yang Murah dengan Fitur Jempolan yang Bisa Dimiliki UMKM

Jika biasanya kita membayangkan perusahaan besar saja yang bisa menggunakan aplikasi terintegrasi seperti ini, CATAPA menawarkan layanan bantuan gratis pengelolaan data kepegawaian bagi UMKM.


CATAPA Free for UMKM memberikan fitur basic seperti Payroll dan Time Management yang dapat membantu UMKM untuk mengecek data karyawannya, dengan ataupun tanpa HRD. Paket ini cocok untuk perusahaan dengan pegawai di bawah 20 orang.


Jika perusahaan semakin berkembang dan mulai membutuhkan bantuan HRIS yang lebih serius, perusahaan dapat memilih paket CATAPA yang memiliki fitur pengelolaan data pegawai yang lebih banyak hanya dengan biaya murah per bulan. Tersedia tiga paket, yaitu Seed (Rp5.900/pegawai/bulan), Growth (Rp6.900/pegawai/bulan), Tree (Rp 7.900/pegawai/bulan) yang bisa dipilih oleh perusahaan sesuai dengan kebutuhan mereka.



Nah, itu dia segudang keuntungan CATAPA untuk HRD dan Karyawan. Menarik, bukan?


Jika kamu tertarik untuk menggunakan CATAPA, kamu bisa mengunjunginya di catapa.com.

Sumber
  1. CATAPA

Masih memiliki pertanyaan?

CATAPA selalu siap menjawab pertanyaan Anda.

Kirim Pertanyaan
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.