CATAPA Safe

06. Keterbatasan CATAPA Safe

Dipublikasi 01-08-2020 (diperbarui 07-05-2021)

Akun

  1. Apabila pengguna login menggunakan Google, pengguna tidak dapat terhubung ke account perusahaan yang login menggunakan CATAPA. Akan tetapi deteksi jarak aman tetap berjalan.


Versi Aplikasi

  1. Versi aplikasi sebelum 1.0 tidak dapat bekerja dengan versi 1.0, jadi dianjurkan agar semua pengguna meng-upgrade aplikasi ke versi terakhir untuk mendapatkan fitur tambahan dan juga pengukuran jarak yang lebih akurat.


Pengukuran Jarak Menggunakan Bluetooth

  1. CATAPA Safe menggunakan Bluetooth Low Energy (BLE) untuk melakukan estimasi kontak antara pengguna. Hal ini sejalan dengan apa yang dilakukan oleh solusi contact tracing yang tersedia di negara-negara lain termasuk yang dikembangkan oleh Apple dan Google.
  2. BLE tidak didesain untuk melakukan pengukuran jarak akurat ataupun untuk contact tracing tapi merupakan teknologi terbaik saat ini yang tersedia secara luas dan cuma-cuma karena sudah ada di dalam smartphones yang dimiliki orang pada umumnya. Sehingga, BLE dapat langsung dimanfaatkan tanpa tambahan biaya.
  3. Tiap smartphones memiliki tingkat kekuatan signal BLE yang berbeda-beda ketika berada dalam jarak tidak aman, sehingga akan ada variasi deteksi dimana pengguna yang jauh masih dianggap dekat (false positive) dan juga berdekatan tapi dari standar signal dianggap jauh (false negative).
  4. Penggunaan BLE juga akan menambah konsumsi batere smartphones penggunanya.


Baca Juga:

  1. Akurasi Contact Tracing CATAPA Safe
  2. Mengapa CATAPA Safe Menggunakan Teknologi Bluetooth Low Energy (BLE)?


Referensi:

  1. Apple and Google: Exposure Notifications: Using technology to help public health authorities fight COVID-19
  2. Radius Networks: Fundamentals of Beacon Ranging

Masih memiliki pertanyaan?

CATAPA selalu siap menjawab pertanyaan Anda.

Kirim Pertanyaan
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.