Implementation

03. Bagaimana Cara Melakukan Pengaturan Awal di CATAPA?

Dipublikasi 13-03-2020 (diperbarui 07-05-2021)

Pengaturan awal CATAPA terdiri dari dari pengaturan Perusahaan dan pengaturan Kompensasi & Benefit. Berikut adalah detail pengaturan masing-masing bagian.


Perusahaan

Bagian Perusahaan berisi informasi seputar profil perusahaan, organisasi, pangkat, dan nama jabatan yang ada di perusahaan.



Langkah 1 - Profil Perusahaan

Profil perusahaan berisikan informasi tentang perusahaan berserta lokasi kantor. 

Screen Shot 2020-03-13 at 15.07.52.png

Screen Shot 2020-03-13 at 15.08.17.png

Screen Shot 2020-03-13 at 15.09.28.png

  1. Logo Perusahaan, diisi dengan logo perusahaan dalam format PNG atau JPEG dengan batas maksimal berkas 4MB. Logo perusahaan akan muncul pada slip gaji karyawan. 
  2. Nama Perusahaan, diisi dengan nama perusahaan. Nama perusahaan akan muncul pada slip gaji karyawan. 
  3. Email Perusahaan, diisi dengan email dengan format email@domail.com.
  4. Situs Web Perusahaan, diisi dengan situs web perusahaan. 
  5. Lokasi Kantor, dapat diisi lebih dari satu. Lokasi yang memiliki label Kantor Pusat akan dijadikan alamat utama perusahan dan muncul pada slip gaji karyawan. 
  6. Nama, diisi dengan nama kantor.
  7. Kode, diisi dengan kode kantor. Sistem akan otomatis membuat kode berdasarkan nama yang diisi, namun tetap dapat diubah oleh pengguna.
  8. Alamat, dipilih melalui peta berdasarkan alamat atau gedung kantor.
  9. Kota/Kabupaten, diisi dengan kota/kabupaten yang sesuai dengan alamat kantor.
  10. Provinsi, akan otomatis terisi oleh sistem berdasarkan kota/kabupaten terpilih.
  11. Negara, akan otomatis terisi oleh sistem berdasarkan provinsi terpilih.
  12. Kode Pos, disii dengan kode pos yang sesuai dengan alamat kantor.
  13. Nomor Telepon, diisi dengan nomor telepon kantor. 
  14. NPWP, disii dengan nomor pokok wajib pajak perusahaan (15 digit angka).
  15. SIUP, diisi dengan nomor surat izin usaha perdagangan.
  16. TDP, diisi dengan nomor tanda daftar perusahaan.

Jika sudah selesai melengkapi profil perusahaan, pengguna dapat pergi ke langkah 2 yaitu Organisasi dengan klik tombol Simpan & Lanjutkan - Organisasi. Jika ingin melanjutkan nanti, pengguna dapat klik label Lanjutkan Nanti



Langkah 2 - Organisasi

Organisasi berisikan informasi tentang daftar organisasi yang ada pada perusahaan. Organisasi dapat digunakan dalam pengaturan tahap lanjut seperti penentu template persetujuan dan kompensasi. Sistem telah membuatkan beberapa contoh organisasi, pengguna dapat membuangnya dengan klik icon tempat sampah atau mengubahnya dengan klik icon pensil. Pengguna juga dapat menambahkan organisasi baru yang belum terdaftar dengan klik Tambah Organisasi

Screen Shot 2020-03-13 at 15.20.49.png

Screen Shot 2020-03-13 at 15.21.29.png

  1. Nama Organisasi, diisi dengan nama organisasi.
  2. Kode Organisasi, diisi dengan kode organisasi. Sistem akan otomatis membuat kode berdasarkan nama yang diisi, namun tetap dapat diubah oleh pengguna.

Jika sudah selesai melengkapi organisasi, pengguna dapat pergi ke langkah 3 yaitu Pangkat dengan klik tombol Simpan & Lanjutkan - Pangkat. Jika ingin melanjutkan nanti, pengguna dapat klik label Lanjutkan Nanti



Langkah 3 - Pangkat

Pangkat berisikan informasi tentang daftar pangkat yang ada pada perusahaan. Pangkat dapat digunakan dalam pengaturan tahap lanjut seperti penentu nama jabatan, kompensasi, dan tunjangan karyawan. Sistem telah membuatkan beberapa contoh pangkat, pengguna dapat membuangnya dengan klik icon tempat sampah atau mengubahnya dengan klik icon pensil. Pengguna juga dapat menambahkan pangkat baru yang belum terdaftar dengan klik Tambah Pangkat

Screen Shot 2020-03-13 at 15.29.36.png

Screen Shot 2020-03-13 at 15.29.57.png

  1. Nama Pangkat, diisi dengan nama pangkat.
  2. Kode Pangkat, diisi dengan kode pangkat. Sistem akan otomatis membuat kode berdasarkan nama yang diisi, namun tetap dapat diubah oleh pengguna.

Jika sudah selesai melengkapi pangkat, pengguna dapat pergi ke langkah 4 yaitu Nama Jabatan dengan klik tombol Simpan & Lanjutkan - Nama Jabatan. Jika ingin melanjutkan nanti, pengguna dapat klik label Lanjutkan Nanti.



Langkah 4 - Nama Jabatan

Nama Jabatan berisikan informasi tentang daftar jabatan yang ada pada perusahaan. Nama Jabatan dapat digunakan dalam pengaturan tahap lanjut seperti penentu kompensasi, dan tunjangan karyawan. Sistem telah membuatkan beberapa contoh nama jabatan, pengguna dapat membuangnya dengan klik icon tempat sampah atau mengubahnya dengan klik icon pensil. Pengguna juga dapat menambahkan nama jabatan baru yang belum terdaftar dengan klik Tambah Nama Jabatan

Screen Shot 2020-03-13 at 15.32.09.png

Screen Shot 2020-03-13 at 15.32.51.png

  1. Nama Nama Jabatan, diisi dengan nama jabatan.
  2. Kode Nama Jabatan, diisi dengan kode jabatan. Sistem akan otomatis membuat kode berdasarkan nama yang diisi, namun tetap dapat diubah oleh pengguna.

Jika sudah selesai melengkapi nama jabatan, pengguna dapat menyelesaikan proses pengaturan perusahaan dengan klik tombol Simpan & Lanjutkan - Rangkuman. Jika ingin melanjutkan nanti, pengguna dapat klik label Lanjutkan Nanti.


Screen Shot 2020-03-13 at 15.36.49.png

Screen Shot 2020-03-13 at 15.37.04.png

Pengguna akan melihat rangkuman pengaturan perusahaan yang telah dibuat, terdiri dari profil perusahaan, organisasi, pangkat dan nama jabatan. Pengguna dapat mengubah data jika ada yang tidak sesuai dengan klik icon pensil. Jika seluruh data sudah sesuai, pengguna dapat klik tombol Selesaikan Pengaturan.




Kompensasi dan Manfaat

Bagian kompensasi dan manfaat berisi informasi seputar penggajian, BPJS Ketenagakerjaan, BPJS Kesehatan, dan PPh-21 yang berlaku di perusahaan.



Langkah 1 - Penggajian

Screen Shot 2020-03-13 at 14.58.58.png

Screen Shot 2020-03-13 at 14.59.06.png

  1. Tanggal Cutoff, diisi dengan tanggal akhir periode cutoff setiap bulan. Cutoff dapat diisi dengan nilai 1 - 28 atau Akhir Bulan apabila tanggal cutoff jatuh di tanggal 29, 30, atau 31.
  2. Rekening Bank dan Perusahaan, diisi dengan informasi Rekening Bank yang digunakan oleh perusahaan untuk melakukan pembayaran gaji karyawan setiap bulan.
  3. Nomor Rekening, diisi dengan nomor rekening yang akan digunakan untuk pembayaran gaji karyawan.
  4. Pemilik Rekening, diisi dengan nama pemilik rekening sesuai dengan nomor rekening yang dimasukkan sebelumnya.
  5. Bank, diisi dengan nama Bank tempat rekening yang akan digunakan dibuat.
  6. Kantor Cabang, diisi dengan nama Kantor Cabang Bank tempat rekening yang akan digunakan dibuat.
  7. Kode Perusahaan, diisi apabila perusahaan menggunakan layanan KlikBCA Bisnis. Bagian ini dapat dikosongkan.

Jika sudah selesai melengkapi informasi Penggajian, pengguna dapat pergi ke langkah 2 yaitu BPJS Ketenagakerjaan dengan klik tombol Simpan & Lanjutkan - BPJS Ketenagakerjaan. Jika ingin melanjutkan nanti, pengguna dapat klik label Lanjutkan Nanti



Langkah 2 - BPJS Ketenagakerjaan

Screen Shot 2020-03-13 at 14.59.14.png

Apabila perusahaan Anda mendaftarkan karyawan ke layanan BPJS Ketenagakerjaan, Anda dapat memilih Ya pada halaman yang ditampilkan atau Tidak untuk pindah ke langkah 3 yaitu BPJS Kesehatan. Informasi yang dimasukkan pada langkah 2 ini adalah sebagai berikut.

Screen Shot 2020-03-13 at 15.00.14.png

  1. Provider BPJS Ketenagakerjaan, diisi dengan informasi Kantor BPJS Ketenagakerjaan tempat perusahaan didaftarkan.
  2. Nama, diisi dengan nama kantor BPJS Ketenagakerjaan.
  3. Alamat, diisi dengan alamat kantor BPJS Ketenagakerjaan.
  4. Nomor Registrasi, diisi dengan nomor registrasi BPJS Ketenagakerjaan Perusahaan.

Setelah mengisi ketiga kolom ini, pengguna dapat pergi ke langkah selanjutnya dengan klik tombol Simpan & Lanjutkan - BPJS Ketenagakerjaan - Komponen.

Screen Shot 2020-03-13 at 15.00.33.png

  1. Komponen BPJS Ketenagakerjaan, diisi dengan pengaturan besar persentase komponen BPJS Ketenagakerjaan.
  2. Mekanisme pembayaran komponen BPJS Ketenagakerjaan yang dapat ditanggung oleh Perusahaan dan Karyawan.
  3. Apabila seluruh komponen ditanggung oleh perusahaan, persentase yang ditanggung oleh karyawan akan dibebankan ke perusahaan.
  4. Apabila komponen dibayarkan oleh perusahaan dan karyawan, persentase proporsi yang ditanggung oleh perusahaan dan karyawan dapat disesuaikan pada halaman yang ditampilkan.
  5. Kelompok risiko lingkungan kerja, diisi sesuai dengan tingkat risiko lingkungan kerja dan nilai Jaminan Kecelakaan Kerja yang bersesuaian sesuai dengan peraturan berikut.

Jika sudah selesai melengkapi informasi BPJS Ketenagakerjaan, pengguna dapat pergi ke langkah 3 yaitu BPJS Kesehatan dengan klik tombol Simpan & Lanjutkan - BPJS Kesehatan. Jika ingin melanjutkan nanti, pengguna dapat klik label Lanjutkan Nanti.



Langkah 3 - BPJS Kesehatan

Screen Shot 2020-03-13 at 15.00.43.png

Apabila perusahaan Anda mendaftarkan karyawan ke layanan BPJS Kesehatan, Anda dapat memilih Ya pada halaman yang ditampilkan atau Tidak untuk pindah ke langkah 4 yaitu PPh-21. Informasi yang dimasukkan pada langkah 3 ini adalah sebagai berikut.

Screen Shot 2020-03-13 at 15.01.41.png

  1. Provider BPJS Kesehatan, diisi dengan informasi Kantor BPJS Kesehatan tempat perusahaan didaftarkan.
  2. Nama, diisi dengan nama kantor BPJS Ketenagakerjaan
  3. Alamat, diisi dengan alamat kantor BPJS Ketenagakerjaan
  4. Nomor Registrasi, diisi dengan nomor registrasi BPJS Kesehatan Perusahaan

Setelah mengisi ketiga kolom ini, pengguna dapat pergi ke langkah selanjutnya dengan klik tombol Simpan & Lanjutkan - BPJS Kesehatan - Komponen

Screen Shot 2020-03-13 at 15.01.51.png

  1. Komponen BPJS Kesehatan, diisi dengan pengaturan besar persentase komponen BPJS Kesehatan.
  2. Mekanisme pembayaran komponen BPJS Kesehatan yang ditanggung oleh Perusahaan dan Karyawan.
  3. Apabila seluruh komponen ditanggung oleh perusahaan, persentase yang ditanggung oleh karyawan akan dibebankan ke perusahaan.
  4. Apabila komponen dibayarkan oleh perusahaan dan karyawan, persentase proporsi yang ditanggung oleh perusahaan dan karyawan dapat disesuaikan pada halaman yang ditampilkan.

Jika sudah selesai melengkapi informasi BPJS Kesehatan, pengguna dapat pergi ke langkah 4 yaitu PPh-21 dengan klik tombol Simpan & Lanjutkan - PPh-21. Jika ingin melanjutkan nanti, pengguna dapat klik label Lanjutkan Nanti.



Langkah 4 - PPh-21

Screen Shot 2020-03-13 at 15.02.07.png

  1. Metode PPh-21
  2. Metode Perhitungan PPh-21, diisi dengan metode yang digunakan dalam melakukan perhitungan komponen PPh-21 karyawan.
  3. Metode default PPh-21, diisi dengan metode default yang menentukan oleh siapa PPh-21 yang sudah dihitung akan dibayarkan. Metode yang tersedia di CATAPA adalah Gross, Netto, Gross Up, dan Mix.

Screen Shot 2020-03-13 at 15.06.20.png

  1. KPP, diisi dengan informasi KPP tempat perusahaan didaftarkan beserta orang yang bertanggung jawab atas pelaporan pajak perusahaan.
  2. Nama, diisi dengan nama Kantor Pajak tempat perusahaan melaporkan pajak.
  3. Alamat, diisi dengan alamat Kantor Pajak tempat perusahaan melaporkan pajak.
  4. Penanggung Jawab, diisi dengan nama penanggung jawab yang didaftarkan oleh perusahaan. Informasi ini akan muncul pada formulir 1721-A1 karyawan.
  5. Nama Jabatan, diisi dengan nama jabatan dari penanggung jawab. Informasi ini akan muncul pada formulir 1721-A1 karyawan.
  6. NPWP Karyawan, diisi dengan nomor NPWP dari penanggung jawab. Informasi ini akan muncul pada formulir 1721-A1 karyawan.
  7. Status, diisi dengan status penanggung jawab dalam lingkup pelaporan PPh-21, apakah sebagai Pemotong Pajak atau sebagai Kuasa. Informasi ini akan muncul pada formulir 1721-A1 karyawan.


Jika sudah selesai melengkapi informasi PPh-21, pengguna dapat menyelesaikan proses pengaturan kompensasi dan manfaat dengan klik tombol Simpan & Lanjutkan - Rangkuman. Jika ingin melanjutkan nanti, pengguna dapat klik label Lanjutkan Nanti.

Screen Shot 2020-03-13 at 15.06.37.png


Pengguna akan melihat rangkuman pengaturan perusahaan yang telah dibuat, terdiri dari informasi penggajian, BPJS Ketenagakerjaan, BPJS Kesehatan, PPh-21, serta komponen penggajian default yang tersedia di CATAPA. Pengguna dapat mengubah data jika ada yang tidak sesuai dengan klik icon pensil. Jika seluruh data sudah sesuai, pengguna dapat klik tombol Selesaikan Pengaturan.

Masih memiliki pertanyaan?

CATAPA selalu siap menjawab pertanyaan Anda.

Kirim Pertanyaan
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.