Implementation

02. Bagaimana cara setup CATAPA untuk pertama kali?

Dipublikasi 24-10-2019 (diperbarui 07-05-2021)

Setelah mendapatkan akun untuk login pertama kali ke CATAPA, admin akan masuk ke halaman Pengaturan Awal sebagai berikut.


Screen Shot 2019-10-24 at 16.30.22.png


Pengaturan awal terdiri dari dua jenis, yaitu Pengaturan Perusahaan dan Pengaturan Kompensasi & Manfaat. Pengaturan perusahaan ataupun kompensasi & manfaat bisa dijalankan secara paralel. Untuk memulai pengaturan, admin bisa klik tombol Masuk.



Pengaturan Perusahaan


Pengaturan perusahaan ditujukan untuk mengatur profil perusahaan organisasi, pangkat, dan jabatan. Berikut adalah detail pengaturan perusahaan.



Langkah 1: Profil Perusahaan

Pada bagian ini, admin diminta untuk memasukkan informasi profil perusahaan seperti logo, nama, email, dan situs web perusahaan.

Screen Shot 2019-10-24 at 16.40.05.png


Selanjutnya, admin akan memasukkan informasi lokasi kantor (minimal 1) dengan klik tombol + Tambah Lokasi Kantor. Informasi yang dibutuhkan untuk setiap informasi lokasi kantor adalah adalah nama, kode lokasi, alamat, dan nomor telepon kantor. Tulisan Jadikan Kantor Pusat merupakan langkah cepat untuk menandakan salah satu lokasi kantor menjadi kantor pusat. Jika ada data yang ingin diubah, admin bisa klik icon pencil, atau membuangnya dengan icon tempat sampah. Icon panah pada sebelah kanan lokasi digunakan untuk membuka detail lokasi.

Screen Shot 2019-10-24 at 16.44.28.png


Informasi badan hukum merupakan informasi opsional yang boleh dimasukkan menyusul. Informasi ini terdiri dari NPWP Perusahaan, Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), dan Tanda Daftar Perusahaan (TDP). Untuk melanjutkan ke langkah 2 (Organisasi) admin dapat klik tombol Simpan & Lanjutkan Organisasi, atau dapat klik Lanjutkan Nanti jika ingin meninggalkan halaman Pengaturan Perusahaan.

Screen Shot 2019-10-24 at 16.49.41.png




Langkah 2: Organisasi

Pada bagian ini, admin akan memasukkan informasi organisasi di perusahaannya. Untuk menambahkan organisasi baru, admin dapat klik tombol + Tambah Organisasi. Jika ingin mengubah organisasi yang telah dibuat, admin dapat klik icon pensil yang ada pada organisasi tersebut, atau klik icon tempat sampah jika ingin membuang organisasi tersebut.

Screen Shot 2019-10-24 at 16.54.56.png


Untuk melanjutkan ke langkah 3 (Pangkat) admin dapat klik tombol Simpan & Lanjutkan Pangkat. Untuk kembali ke langkah 2 (Profil Perusahaan) admin dapat klik tombol Sebelumnya Profil Perusahaan, atau dapat klik Lanjutkan Nanti jika ingin meninggalkan halaman Pengaturan Perusahaan.



Langkah 3: Pangkat

Pada bagian ini, admin akan memasukkan informasi pangkat di perusahaannya. Untuk menambahkan pangkat baru, admin dapat klik tombol + Tambah Pangkat. Jika ingin mengubah pangkat yang telah dibuat, admin dapat klik icon pensil yang ada pada pangkat tersebut, atau klik icon tempat sampah jika ingin membuang pangkat tersebut.

Screen Shot 2019-10-24 at 17.11.01.png


Untuk melanjutkan ke langkah 4 (Nama Jabatan) admin dapat klik tombol Simpan & Lanjutkan Nama Jabatan. Untuk kembali ke langkah 2 (Organisasi) admin dapat klik tombol Sebelumnya Organisasi, atau dapat klik Lanjutkan Nanti jika ingin meninggalkan halaman Pengaturan Perusahaan.



Langkah 4: Nama Jabatan

Pada bagian ini, admin akan memasukkan informasi nama jabatan di perusahaannya. Untuk menambahkan nama jabatan baru, admin dapat klik tombol + Tambah Nama Jabatan. Jika ingin mengubah yang telah dibuat, admin dapat klik icon pensil yang ada pada organisasi tersebut, atau klik icon tempat sampah jika ingin membuang organisasi tersebut.

Screen Shot 2019-10-24 at 17.13.56.png

Untuk melanjutkan ke rangkuman admin dapat klik tombol Simpan & Lanjutkan Rangkuman. Untuk kembali ke langkah 3 (Profil Perusahaan) admin dapat klik tombol Sebelumnya Pangkat, atau dapat klik Lanjutkan Nanti jika ingin meninggalkan halaman Pengaturan Perusahaan.



Rangkuman Pengaturan Perusahaan

Pada bagian ini, admin dapat melihat ulang seluruh rangkaian pengaturan perusahaan yang telah dibuat. Jika ada informasi yang ingin diubah, maka admin bisa klik icon pensil pada bagian informasi yang ingin diubah. Klik tombol Tutup jika ingin kembali ke langkah 4 (Nama Jabatan) atau klik SELESAIKAN PENGATURAN jika pengaturan sudah sesuai dan ingin kembali ke halaman utama pengaturan awal.

Screen Shot 2019-10-24 at 17.19.25.png

Screen Shot 2019-10-24 at 17.19.39.pngScreen Shot 2019-10-24 at 17.19.50.png





Pengaturan Kompensasi & Manfaat


Pengaturan kompensasi & manfaat ditujukan untuk mengatur data penggajian, BPJS Ketenagakerjaan, BPJS Kesehatan, dan PPh 21.



Langkah 1: Penggajian

Pada bagian ini admin akan memasukkan informasi penggajian berupa tanggal cutoff dan rekening bank perusahaan.

  • Dari halaman Tanggal Cutoff, untuk melanjutkan ke halaman Rekening Bank Perusahaan, admin dapat klik tombol Simpan & Lanjutkan Penggajian - Rekening Bank Perusahaan.
  • Dari halaman Rekening Bank Perusahaan, untuk melanjutkan ke halaman BPJS Ketenagakerjaan, admin dapat klik tombol Simpan & Lanjutkan BPJS Ketenagakerjaan atau klik Sebelumnya Penggajian - Cutoff untuk kembali ke halaman cutoff.
  • Klik Lanjutkan Nanti jika ingin meninggalkan halaman Pengaturan Perusahaan.

Screen Shot 2019-10-24 at 18.10.37.pngScreen Shot 2019-10-24 at 18.23.51.png




Langkah 2: BPJS Ketenagakerjaan

Pada bagian ini admin akan memasukkan informasi BPJS Ketenagakerjaan berupa informasi provider dan komponen. Jika perusahaan tidak membayarkan BPJS Ketenagakerjaan, admin bisa memilih Tidak, Lewati.

  • Dari halaman Provider, untuk melanjutkan ke halaman Komponen, admin dapat klik tombol Simpan & Lanjutkan BPJS Ketenagakerjaan - Komponen atau klik Sebelumnya BPJS Ketenagakerjaan untuk kembali ke halaman pernyataan penggunaan BPJS Ketenagakerjaan.
  • Pada halaman Komponen, admin bisa mengatur persentase Jaminan Pensiun dan Jaminan Hari Tua yang dibayarkan oleh perusahaan dan karyawan, serta persentase Jaminan Kecelakaan Kerja. Dari halaman Komponen, untuk melanjutkan ke halaman BPJS Kesehatan, admin dapat klik tombol Simpan & Lanjutkan BPJS Kesehatan atau klik Sebelumnya BPJS Ketenagakerjaan - Provider untuk kembali ke halaman Provider.
  • Klik Lanjutkan Nanti jika ingin meninggalkan halaman Pengaturan Perusahaan.

Screen Shot 2019-10-24 at 18.34.57.pngScreen Shot 2019-10-24 at 18.35.51.png



Langkah 3: BPJS Kesehatan

Pada bagian ini admin akan memasukkan informasi BPJS Kesehatan berupa informasi provider dan komponen. Jika perusahaan tidak membayarkan BPJS Kesehatan, admin bisa memilih Tidak, Lewati.

  • Dari halaman Provider, untuk melanjutkan ke halaman Komponen, admin dapat klik tombol Simpan & Lanjutkan BPJS Kesehatan - Komponen atau klik Sebelumnya BPJS Kesehatan untuk kembali ke halaman pernyataan penggunaan BPJS Kesehatan.
  • Pada halaman Komponen, admin bisa mengatur persentase BPJS Kesehatan oleh perusahaan dan karyawan. Dari halaman Komponen, untuk melanjutkan ke halaman BPJS Kesehatan, admin dapat klik tombol Simpan & Lanjutkan PPh 21 - Metode atau klik Sebelumnya BPJS Kesehatan - Provider untuk kembali ke halaman Provider.
  • Klik Lanjutkan Nanti jika ingin meninggalkan halaman Pengaturan Perusahaan.

Screen Shot 2019-10-24 at 18.54.17.pngScreen Shot 2019-10-24 at 18.52.19.png


Langkah 4: PPh 21

Pada bagian ini admin akan memasukkan informasi PPh 21 berupa informasi metode dan KPP.

  • Pada halaman Metode, admin dapat memilih metode perhitungan PPh 21 dan metode default PPh 21 Dari halaman Metode, untuk melanjutkan ke halaman KPP, admin dapat klik tombol Simpan & Lanjutkan PPh 21 - KPP atau klik Sebelumnya BPJS Kesehatan - Komponen untuk kembali ke halaman BPJS Kesehatan Komponen.
  • Pada halaman KPP, admin dapat memasukkan informasi kantor pelayanan pajak perusahaan dan penandatangan laporan pajak. Dari halaman KPP, untuk melanjutkan ke halaman Rangkuman, admin dapat klik tombol Simpan & Lanjutkan Rangkuman atau klik Sebelumnya PPh 21 - KPP untuk kembali ke halaman Metode.
  • Klik Lanjutkan Nanti jika ingin meninggalkan halaman Pengaturan Perusahaan.

Screen Shot 2019-10-24 at 18.56.07.pngScreen Shot 2019-10-24 at 18.56.32.png



Rangkuman Kompensasi & Manfaat

Pada bagian ini, admin dapat melihat ulang seluruh rangkaian pengaturan kompensasi & manfaat yang telah dibuat. Jika ada informasi yang ingin diubah, maka admin bisa klik icon pensil pada bagian informasi yang ingin diubah. Klik tombol Tutup jika ingin kembali ke langkah 4 (PPh 21 - Metode) atau klik SELESAIKAN PENGATURAN jika pengaturan sudah sesuai dan ingin kembali ke halaman utama pengaturan awal.

Screen Shot 2019-10-24 at 19.09.24.pngScreen Shot 2019-10-24 at 19.09.38.png

Sumber
  1. CATAPA

Masih memiliki pertanyaan?

CATAPA selalu siap menjawab pertanyaan Anda.

Kirim Pertanyaan
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.