General

Permudah WFH-mu dengan Absensi Online CATAPA

Dipublikasi 09-04-2021 (diperbarui 09-04-2021)

Working from Home kamu kini enggak perlu lagi ribet soal absensi atau pencatatan kehadiran. Sekarang, semuanya bisa beres hanya dengan sistem absensi online.

 

Absensi online kini mulai marak ditemui dalam dunia kerja. Terobosan ini memudahkan sistem kehadiran atau absensi karyawan yang tak lagi berbentuk kehadiran fisik. Ya, absensi online membantu perusahaan mengoptimalkan sistem absensi walaupun karyawan bekerja dari luar.


Tentunya hal itu sangat membantu di tengah mewabahnya penyakit COVID-19 yang sudah melanda selama satu tahun terakhir ini, tidak hanya Indonesia, tetapi juga dunia. Enggak tanggung-tanggung, per 7 April 2021 ini saja jumlah pasien positif terinfeksi COVID-19 di Indonesia tembus angka 1.547.376 orang dan korban meninggal mencapai 42.064.


Sedangkan di seluruh dunia, jumlah penderita penyakit yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 atau Corona itu menembus angka 132.046.206 juta orang. Banyak banget!


Imbauan atau bahkan perintah untuk mengurangi interaksi fisik antar manusia sudah terus dilakukan di berbagai negara, termasuk di Indonesia. Beberapa kota di Indonesia juga sudah memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara bergelombang hingga saat ini.


Dengan berlakunya PSBB, otomatis kontak fisik masyarakat harus dikurangi. Mall-mall tutup, sekolah diliburkan, dan kantor-kantor mau tidak mau membatasi operasionalnya. Akibatnya, banyak perusahaan yang menginstruksikan karyawannya untuk bekerja dari rumah atau Work from Home (WFH).


Bagi sebagian perusahaan, WFH memang bukan hal yang mustahil. Dengan bantuan teknologi, karyawan tetap bisa menjalankan kerjanya dengan optimal. Perusahaan-perusahaan rintisan atau start-up sudah pasti tidak asing dengan istilah WFH, apalagi start-up yang memang bergerak di bidang teknologi.


Namun, di tengah pandemi Corona ini, bukan berarti perusahaan yang bergerak di industri konvensional tidak bisa menerapkan WFH. Kini, banyak aplikasi-aplikasi yang menunjang pekerjaan dari rumah. Sebut saja Zoom atau Google Meet. Dua-duanya berguna untuk melakukan meeting online antar karyawan.


Cuma itu? Masih ada lagi persoalan yang bisa muncul gara-gara WFH. Absensinya gimana? Biarpun bekerja dari rumah, perusahaan tentu saja harus memonitor kehadiran karyawannya. Via telepon? Panggilan video? Atau chat WhatsApp? Hmm… Sebenernya ada cara yang lebih mudah, sih.


Sekarang, sudah banyak platform-platform digital yang membantu perusahaan dalam memonitor absensi karyawannya. Enggak hanya soal absensi tapi juga pengajuan cuti dan lembur, pencatatan hari libur, hingga penghitungan gaji, semua sekarang bisa diatur melalui aplikasi.


Seperti yang diterapkan di layanan CATAPA. CATAPA merupakan solusi penggajian digital dan pengelolaan SDM berbasis Artificial Intelligent (AI). Dengan CATAPA, urusan pengaturan karyawan kantoran enggak lagi rumit. Beberapa fitur andalan CATAPA adalah aplikasi Payroll. Dengan Aplikasi Payroll di CATAPA, banyaknya komponen penggajian mulai dari PPh 21, BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan, THR, lembur, hingga bonus bisa diselesaikan cukup dengan Satu Klik dalam proses penggajian CATAPA.


Selain Payroll, CATAPA juga memudahkan perusahaan mengatur jadwal karyawan, lembur, absensi, klaim reimbursent hingga proses recruitment karyawan. Benar-benar lengkap!


Buat para pekerja di bagian Human Resources atau HR, hal-hal kayak gini emang rutin bikin pusing ya. Catat kehadiran, pengajuan cuti, jumlah hari libur jadi makanan sehari-hari. Karena itu aplikasi seperti CATAPA bakalan membantu banget.


Selain itu, yang gak kalah hebat, CATAPA memiliki fitur CATAPA Safe dan CATAPA Safe Check-In. CATAPA Safe memudahkan perusahaan untuk melakukan track, trace, dan isolate karyawan di tengah masa pandemic seperti sekarang ini. Aplikasi CATAPA Safe membantu perusahaan untuk menelusuri riwayat kontak karyawan yang terindikasi positif COVID-19. Aman banget, kan!


Sedangkan CATAPA Safe Check-In ini bisa digunakan oleh para pelaku usaha dari berbagai macam jenis usaha untuk melakukan pencatatan informasi pengunjung secara digital. Pencatatan pengunjung dilakukan dengan cara yang mudah yakni melalui teknologi QR Code.


Karena itu, sekarang enggak perlu lagi pusing-pusing mikirin pengaturan kehadiran karyawan, pengajuan cuti, jadwal kerja, sampai hitung-hitungan gaji. Semuanya kini bisa tereduksi dalam satu genggaman, hanya di CATAPA. Tunggu apalagi, ayo segera beralih dari cara kuno menghitung kehadiran ke absensi online, hanya di CATAPA!

Sumber
  1. CATAPA

Masih memiliki pertanyaan?

CATAPA selalu siap menjawab pertanyaan Anda.

Kirim Pertanyaan
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.