General

Ini Gunanya Kecerdasan Buatan untuk Kenyamanan Kerja WFH

Dipublikasi 06-06-2021 (diperbarui 06-06-2021)

1_9XXyocaDf5YiKlCI1kXabg.jpeg


Suasana saat pandemi COVID-19 memberikan sejumlah Pekerjaan Rumah (PR) bagi personil kantor untuk beradaptasi. Pekerjaan Human Resources Department (HRD), misalnya, yang tadinya mengatur jadwal karyawan dan absen secara finger print, termasuk reimburse, lembur dll menjadi bertambah ketika banyak yang melakukan Work Fork Home (WFH).


Ditengah situasi ini, tim HRD yang ada harus melakukan kordinasi untuk mengelola jadwal kerja, perizinan untuk keluar kota serta pengawasan Key Performance Index (KPI) berdasarkan daftar kehadiran dan tata kerja yang harus dilakukan. Setiap manajer harus mencatat dan melakukan check kepada bawahan padahal beban kerjanya juga tak sedikit.


Misalnya, saja untuk KPI data tugas admin ketika mengindput pengecekan data harus melapor via WhatsApp untuk mencapai target. Padahal data itu bisa dilakukan dengan baik jika dilakukan secara digital untuk direkap HRD. Sebagai solusinya, HRD membutuhkan sistem Manager Self-Service (MSS) untuk mengontrol sendiri data karyawan secara realtime tanpa perlu bertanya lagi kepada HRD. MSS akan membantu memberikan efisiensi baik untuk manajer maupun HR.


Yang harus diperhatikan juga adalah bagaimana cara mengatur kehadiran karyawan dengan berpegang teguh kepada asas protokol kesehatan COVID-19. Salah satu penyedia automisasi, pengelolaan SDM dan payroll, CATAPA, memberikan beberapa fitur seperti contactless attendance untuk mengatur kehadiran karyawan ke kantor tanpa harus menyentuh finger print dengan jempol.


Fitur yang tak kalah pentingnya adalah digital approval untuk beberapa kasus. Dengan adanya digital approval maka karyawan tak perlu hadir untuk menyetujui approval perizinan seperti untuk Dinas Luar Kota (DLK). Karyawan juga tak perlu ke kantor untuk mendapatkan persetujuan ketika mengajukan budget anggaran untuk suatu proyek.


Nah fitur-fitur lain yang membantu adalah adanya Claudia Chatbot untuk menjawab pertanyaan dari karyawan. Pertanyaan yang bisa dijawab bermacam-macam dari reimburse kesehatan dari personal hingga keluarga karyawan hingga ketentuan yang mengatur lembur.


Sebagai informasi, Claudia adalah chatbot interaktif dari CATAPA yang tersedia di berbagai aplikasi pesan yang dirancang untuk mempermudah pengguna dalam menggunakan fitur Employee Self Service (ESS) CATAPA melalui pesan teks.


Kemudian juga yang urgent adalah pengajuan cuti secara digital. Dengan pengajuan cuti secara sistem juga membantu karyawan untuk lebih mudah mengkomunikasikan kepada karyawan sehingga menghindari miskonsepsi antar karyawan karena cuti dilakukan secara bergantian.


Fitur ini akan maksimal dengan CATAPA Safe yang akan bisa memonitor rekam jejak karyawan dengan aplikasi di Mobile Phone serta memberikan peringataan jarak aman antar karyawan dengan aplikasi di smartphone. Aplikasi ini juga bisa melacak riwayat kontak selama 14 hari ke belakang untuk karyawan agar mencegah penularan covid-19.


Dengan kemudahan-kemudahan diatas, kerja WFH akan lebih praktis dan efisien sehingga diharapkan bisa memacu produktivitas kantor. Selamat mencoba !

Sumber
  1. CATAPA

Masih memiliki pertanyaan?

CATAPA selalu siap menjawab pertanyaan Anda.

Kirim Pertanyaan
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.