General

Absensi hanya dengan selfie

Dipublikasi 10-05-2021

Dalam dunia kerja absensi atau kehadiran karyawan sangat penting atau krusial. Coba bayangkan gimana jadinya saat karyawan itu tidak melakukan absensi tau-tau pekerjaan yang ditugaskannya sudah selesai? Mungkin prinsip dari karyawan tersebut seperti ‘ninja’ tidak terlihat tapi memberikan hasil. Memang ada beberapa perusahaan yang menerapkan seperti ga absen gpp, tapi banyak juga perusahaan yang masih membutuhkan kehadiran atau absensi dari karyawan. Hal ini dilakukan tentunya untuk mempermudah HR mengontrol setiap karyawan, yang ujung-ujungnya adalah perhitungan gaji. Masa HR atau perusahaan mau melakukan prinsip ‘ninja’ juga? tidak melihat kehadiran tapi bisa memberikan penghasilan untuk karyawan.


Sebelum melangkah lebih jauh untuk membahas masa depan cara absensi, coba kita bernostalgia dengan cara absensi karyawan yang pernah ada dalam dunia kerja


Pertama, Absensi kertas.

Untuk para karyawan yang sudah cukup lama bekerja mungkin pernah ada di masa absensi hanya dengan menulis jam kehadiran dan jam pulang diatas kertas secara manual, dan karena sistemnya manual absensi kertas ini sangat gampang untuk dimanupulasi. Saat saya tau pernah ada masa absensi ini kebayang sih pusingnya divisi comben / HR saat akhir bulan, karena mereka harus bekerja keras menghitung absensi manualnya.


Kedua, Absensi mesin checklok

Absensi yang kedua ini bagi saya cukup populer, karena tau jenis absensi ini dari film-film bertema dunia kerja. Jujur sih saya sendiri tidak pernah menggunakan absensi jenis ini tapi kalau dibayangkan kenapa namanya checklok bisa diasumsikan kalau saat karyawan absen di mesin ini ada bunyi cekloknya. Untuk absensi jenis ini bisa mengurangi cara curang dari karyawan yang kerjanya tidak sesuai jamnya. Tetapi untuk pengumpulan data karyawannya bisa dibilang masih akan manual untuk divisi comben / HR.


Ketiga, Absensi kartu dan finger print

Masa keemasan dunia per-absensi-an adalah saat karyawan bisa absensi dengan kartu yang terdapat chip dan finger print. Disini mulai terlihat kecanggihan dunia kerja khususnya divisi comben / HR. karena pada masa absensi dengan kartu dan finger print ini semuanya mulai terintegrasi antara mesin absen dengan file karyawan. Jadi bagi divisi combern / HR mulai terasa mudah untuk meng’collect’ data absensi karyawan setiap bulannya.


Masa absensi kartu dan finger print Berjaya cukup lama dalam dunia kerja. Namun masa kejayaan itu berubah sejak teknologi mulai berkembang dan corona menyerang. Saat ini, sistem absensi dengan menggunakan finger print lebih baik dikurangi karena satu mesin finger print akan digunakan oleh banyak karyawan. Selain sejak Tahun 2020 kemarin banyak dari perusahaan yang sudah menerapkan work from home jadi mekanisme absensi mulai banyak berubah dan sekarang banyak perusahaan yang menggunakan absensi dengan teknologi baru.


Catapa sebagai salah satu paltfom HR berbasis teknologi memiliki solusi absensi yang lebih canggih, mudah dan tentunya aman bagi karyawan. Sistem kerja absensi Catapa bisa dilakukan dua cara, Apabila karyawan harus bekerja dari rumah, karywan bisa melakukan absensi hanya dengan selfie dengan handphone mereka. Dan bila karyawan mendapat shift untuk kerja dari kantor, absensi karyawan bisa menggunakan mesin absensin HIKVISION yang sudah terintegrasi dengan Catapa, kecanggihannya tidak perlu buka masker langsung bisa mendeteksi muka dari karyawan, jadi no tipu-tipu deh.


Keunggulan dari Aplikasi Catapa bukan hanya untuk memudahkan absensi saja, tapi memudahkan juga untuk HR dalam mengurus payroll karyawan hanya dengan satu kali klik. Dan Aplikasi Catapa mempermudah karyawan melakukan beberapa administrasi yang berhubungan dengan HR seperti mengajukan cuti tanpa perlu kertas pengajuan, Form reimburs obat atau perjalanan kerja dan masih banyak lagi.


Nantinya Catapa akan menambah beberapa inovasi-inovasi yang akan mempermudah kinerja kerja perusahaan. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang keunggulan dari Applikasi Catapa bisa langsung klik www.catapa.com

Sumber
  1. CATAPA

Masih memiliki pertanyaan?

CATAPA selalu siap menjawab pertanyaan Anda.

Kirim Pertanyaan
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.